• Jumat, 7 Oktober 2022

PM Pakistan Imran Khan Bersumpah untuk Terus Berjuang Setelah Parlemen Menggulingkannya

- Minggu, 10 April 2022 | 22:16 WIB
Perdana Menteri Pakistan Imran Khan yang digulingkan
Perdana Menteri Pakistan Imran Khan yang digulingkan

Jakarta, HanTer - Penggulingan Perdana Menteri Imran Khan dalam mosi tidak percaya parlemen pada hari Minggu (10/4/2022), membuat Pakistan berada di jalur politik yang tidak pasti, dengan Khan menyerukan para pendukungnya untuk turun ke jalan sebagai protes dan oposisi politik bersiap untuk mengangkat penggantinya. .

Khan dijatuhkan setelah seharian penuh drama dan sering kali berkomentar pedas.

Pendukungnya menuduh Washington mengatur penggulingannya dan partainya keluar dari Parlemen sesaat sebelum pemungutan suara.

Pada akhirnya, 174 anggota parlemen di 342 kursi Parlemen memilih untuk menggulingkannya, dua lebih banyak dari mayoritas sederhana yang disyaratkan.

Pengganti Khan akan dipilih dan dilantik oleh Parlemen pada Senin. Pesaing utamanya adalah Shahbaz Sharif, saudara dari mantan perdana menteri Nawaz Sharif yang dipermalukan.

Shahbaz Sharif mengepalai partai terbesar dalam aliansi beragam faksi oposisi yang menjangkau spektrum dari kiri hingga agama radikal. Kandidat Khan untuk perdana menteri adalah menteri luar negerinya Shah Mahmood Qureshi.

Penggulingan Khan terjadi di tengah hubungan yang mendingin dengan militer yang kuat dan ekonomi yang berjuang dengan inflasi tinggi dan rupee Pakistan yang anjlok. Pihak oposisi telah menuduh pemerintah Khan dengan salah urus ekonomi.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Peraturan Unik di Jepang Bikin Geleng Kepala

Selasa, 27 September 2022 | 20:07 WIB
X