• Rabu, 7 Desember 2022

Jepang Umumkan Sanksi Baru untuk Rusia, Larangan Batubara

- Jumat, 8 April 2022 | 19:05 WIB
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida

Jakarta, HanTer - Jepang pada hari Jumat (8/4/2022) mengatakan akan mengakhiri impor batubara Rusia dan mengumumkan pengusiran delapan diplomat Moskow atas "kejahatan perang" di Ukraina.

Langkah itu dilakukan ketika sekutu Ukraina meningkatkan tekanan terhadap Moskow, setelah tuduhan bahwa pasukan Rusia membunuh warga sipil di daerah sekitar Kyiv.

“Pasukan Rusia telah membunuh warga sipil dan menyerang fasilitas nuklir, sangat melanggar hukum humaniter internasional. Ini adalah kejahatan perang yang tidak akan pernah bisa dimaafkan,” kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida kepada wartawan.

"Kami akan melarang impor batu bara Rusia," kata Kishida, berjanji untuk mencari alternatif dan meminta "pemahaman dan kerja sama" warga Jepang.

Dia menguraikan langkah-langkah tambahan, termasuk pembekuan aset baru dan larangan impor dari Rusia, termasuk mesin dan vodka, dan mengatakan Tokyo akan mendukung upaya untuk menyelidiki tindakan Moskow di Pengadilan Kriminal Internasional.

Sebelumnya, kementerian luar negeri Jepang mengumumkan pengusiran delapan diplomat Rusia dari kedutaan dan kantor perdagangan.

Keputusan itu tidak mempengaruhi duta besar Rusia Mikhail Yurievich Galuzin.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Iran Resmikan Pembangunan PLTN Kapasitas 300 Megawat

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:59 WIB

AS Disebut Biarkan Eropa Tanggung Konsekuensi Krisis

Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:18 WIB

Elon Musk Pasang Foto Pemakaman, #RIPTwitter Trending

Jumat, 18 November 2022 | 13:04 WIB
X