• Rabu, 28 September 2022

Ingin Merekrut Pejuang dari Libya, Pentagon Sebut Rusia Memposisikan Kembali Pasukan di Sekitar Kyiv

- Kamis, 31 Maret 2022 | 22:34 WIB
Sebuah tank Rusia yang hancur di kota Trostianets, di wilayah Sumy, Ukraina.
Sebuah tank Rusia yang hancur di kota Trostianets, di wilayah Sumy, Ukraina.


Jakarta, HanTer - Rusia bermaksud untuk mulai merekrut pejuang dari Libya, Pentagon mengatakan pada Rabu waktu setempat, menambahkan bahwa sekitar 20 persen pasukan Rusia di sekitar ibukota Ukraina, Kyiv, memposisikan ulang di tempat lain.

“Kami telah melihat, selama 24 jam terakhir, reposisi sebagian kecil pasukan yang telah disusun Rusia melawan Kyiv. Mungkin sekitar 20 persen, kami menilai beberapa memposisikan ulang ke Belarusia,” kata juru bicara Pentagon John Kirby.

Berbicara kepada wartawan selama konferensi pers harian, Kirby mengatakan tidak ada pasukan yang direposisi kembali ke garnisun rumah mereka. “Itu bukan poin kecil. Jika Rusia serius tentang de-eskalasi karena itu klaim mereka, mereka harus mengirim mereka pulang,” ucapnya.

Tapi, dia dengan cepat menunjukkan bahwa Rusia masih melakukan serangan udara dan darat di Kyiv. “Serangan udara belum berhenti, tidak sama sekali. Jadi, Kyiv masih sangat terancam,” kata Kirby.

Pejabat Pentagon mengulangi komentar sebelumnya bahwa Rusia tampaknya fokus menyerang Donbas. Dia menambahkan bahwa tentara bayaran Rusia Wagner Group telah mengerahkan sekitar 1.000 pejuang ke wilayah Donbas.

Dalam perkembangan baru, Kirby mengatakan Grup Wagner sekarang mencari untuk merekrut tentara bayaran dari Libya. Pentagon sebelumnya mengatakan memiliki indikasi perekrutan dari Suriah, tetapi ini adalah penyebutan pertama dari Libya.

Seorang pejabat pertahanan mengatakan bahwa perkembangan baru lainnya yang diamati adalah pasukan Rusia "berjalan menjauh" dari pembangkit listrik Chernobyl dan pindah ke Belarusia.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Peraturan Unik di Jepang Bikin Geleng Kepala

Selasa, 27 September 2022 | 20:07 WIB

Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth 19 September

Minggu, 11 September 2022 | 08:17 WIB
X