• Minggu, 25 September 2022

Permintaan Listrik Meningkat, India Minta Impor Batu Bara Walau Harga Tinggi

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 19:48 WIB
Ilustrasi asap mengepul dari menara pendingin pembangkit listrik tenaga batu bara di Ahmedabad, India
Ilustrasi asap mengepul dari menara pendingin pembangkit listrik tenaga batu bara di Ahmedabad, India


Jakarta, HanTer - India meminta produsen listrik untuk tetap mengimpor batu bara guna memenuhi permintaan listrik yang terus meningkat, meski harga bahan bakar fosil melonjak.

"Perusahaan listrik perlu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kenaikan harga dan tetap berpegang pada perjanjian pembelian listrik," kata Kementerian Tenaga dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (26/3/2022).

“Tidak menjaga kecukupan stok bahan bakar atau tidak memberikan ketersediaan dengan dalih apapun, seperti tingginya harga batu bara impor dan lain-lain, tidak dapat dimaafkan," kata pemerintah.

Harga batu bara utama mencapai level rekor setelah invasi Rusia ke Ukraina karena utilitas di Eropa, bersama dengan konsumen utama lainnya, mencari alternatif untuk kargo dari Rusia.

Bahan bakar fosil menyumbang hampir 70 persen dari pasokan listrik India dan sebagian besar produsen listrik India mengimpor bahan bakar kotor untuk dicampur dengan batu bara lokal untuk menghasilkan listrik.

“Diminta agar dapat diambil tindakan yang diperlukan untuk mengimpor batubara secara transparan dan kompetitif agar tujuan pencampuran berdasarkan penilaian permintaan dan untuk mengatasi kekurangan ketersediaan batubara,” kata pemerintah.

 

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Terkini

Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth 19 September

Minggu, 11 September 2022 | 08:17 WIB

Raja Charles III, Pecinta Akademik Pendobrak Tradisi

Jumat, 9 September 2022 | 07:22 WIB
X