• Minggu, 25 September 2022

India Bilang Tidak Sengaja Tembakkan Rudal ke Pakistan, Katanya Ada Kerusakan Teknis

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 00:02 WIB
Ilustrasi rudal India
Ilustrasi rudal India

Jakarta, HanTer - India pada hari Jumat (11/3/2022) mengatakan bahwa pihaknya secara tidak sengaja menembakkan rudal ke Pakistan karena telah terjadinya kerusakan teknis selama pemeliharaan rutin.

“Pada 9 Maret 2022, dalam pemeliharaan rutin, kerusakan teknis menyebabkan penembakan rudal yang tidak disengaja,” kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

“Sudah diketahui bahwa rudal itu mendarat di wilayah Pakistan. Meski insiden tersebut sangat disesalkan, namun juga melegakan karena tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan tersebut,” tambah pernyataan itu.

Sebelumnya, militer Pakistan pada hari Kamis mengatakan sebuah objek supersonik ketinggian tinggi tak dikenal yang berasal dari India telah jatuh di wilayah Pakistan, dalam sebuah insiden yang membahayakan penerbangan penumpang sipil, dan New Delhi harus memberikan penjelasan.

Kedua tetangga bersenjata nuklir itu telah berperang tiga kali dan telah terlibat dalam banyak bentrokan militer, yang terbaru pada tahun 2019 di mana angkatan udara keduanya terlibat dalam pertempuran.

“Jalur penerbangan objek ini membahayakan banyak penerbangan penumpang nasional dan internasional baik di wilayah udara India dan Pakistan serta kehidupan manusia dan harta benda di darat,” kata Babar.

Seorang pejabat angkatan udara Pakistan pada konferensi pers mengatakan objek itu sedang dianalisis secara forensik dan studi awal menunjukkan itu adalah rudal supersonik permukaan-ke-permukaan, tetapi tidak bersenjata.

Dia mengatakan rudal itu melakukan perjalanan di ketinggian 40.000 kaki, dengan kecepatan Mach 3, dan terbang 124 km (77 mil) di wilayah udara Pakistan sebelum jatuh.

Editor: Hermansyah Terbit

Terkini

Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth 19 September

Minggu, 11 September 2022 | 08:17 WIB

Raja Charles III, Pecinta Akademik Pendobrak Tradisi

Jumat, 9 September 2022 | 07:22 WIB
X