• Rabu, 28 September 2022

Pentagon Sebut AS Kirim Sistem Pertahanan Rudal Patriot ke Polandia

- Kamis, 10 Maret 2022 | 10:31 WIB
Tentara AS berjalan di samping pertahanan rudal Patriot di dekat Warsawa.
Tentara AS berjalan di samping pertahanan rudal Patriot di dekat Warsawa.

Jakarta, HanTer - Seorang pejabat senior pertahanan Amerika Serikat, pada hari Rabu waktu setempat mengatakan jika negaranya telah mengirim sistem pertahanan rudal permukaan ke udara ke Polandia dalam beberapa hari terakhir.

Pejabat itu mengatakan bahwa dua baterai Patriot ditempatkan di Jerman dan diposisikan ulang di lokasi yang dirahasiakan di Polandia. “Proposal Polandia membuat Amerika Serikat mengambil langkah, yang menurut pejabat AS adalah 100 persen sesuai dengan komitmen Pasal 5 NATO,” katanya.

Pejabat itu menekankan bahwa baterai Patriot adalah murni untuk pertahanan dan dimaksudkan untuk melawan potensi ancaman terhadap AS dan sekutunya di wilayah NATO.

Pemboman udara Rusia ke Ukraina telah stabil hampir dua minggu sejak Vladimir Putin memerintahkan pasukannya untuk menyerang negara tetangga.

Seruan Ukraina agar zona larangan terbang diterapkan di negara itu tidak digubris karena negara-negara Barat tidak ingin terlibat langsung dalam perang dengan Rusia.

Secara terpisah, pejabat AS, yang berbicara kepada wartawan dengan syarat anonim, mengatakan bahwa keputusan publik Polandia untuk menyerahkan jet tempur ke AS tidak dikoordinasikan dengan Departemen Pertahanan.

Seperti diketahui, sebelumnya Polandia merilis sebuah pernyataan pada hari Selasa lalu yang mengatakan bahwa mereka siap untuk mengerahkan semua jet MiG-29 mereka ke Pangkalan Udara Ramstein di Jerman dan menyerahkannya kepada AS.

Langkah itu dilakukan setelah Ukraina meminta bantuan jet tempur. “Jika sebuah negara atau bangsa yang berdaulat ingin berbicara dengan Ukraina tentang kemampuan dan memutuskan sendiri untuk menyediakan kemampuan itu secara bilateral, itulah yang dimaksud dengan kedaulatan,” kata pejabat senior AS pada Rabu ketika ditanya tentang mengapa AS berubah.

“Bukan posisi Amerika Serikat untuk mengambil posisi tentang apa yang mungkin dibicarakan oleh negara berdaulat lain dengan Ukraina tentang apa yang harus disediakan. Jadi, seperti yang kami katakan sebelumnya jika Polandia atau negara lain ingin berdiskusi dengan Ukraina, kami menghormati proses itu,” kata pejabat itu.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Peraturan Unik di Jepang Bikin Geleng Kepala

Selasa, 27 September 2022 | 20:07 WIB

Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth 19 September

Minggu, 11 September 2022 | 08:17 WIB
X