• Rabu, 28 September 2022

Antisipasi Disinformasi, Pentagon Intensif Jalin Komunikasi dengan Rusia

- Jumat, 4 Maret 2022 | 15:20 WIB
Ilustrasi Angkatan Udara AS sedang melakukan komunikasi.
Ilustrasi Angkatan Udara AS sedang melakukan komunikasi.

Washington, HanTer - Pentagon selaku markas besar pertahanan Amerika Serikat (AS) melakukan komunikasi intensif dengan kubu Rusia. Hal tersebut dijalankan untuk mencegah kesalahan dan eskalasi terhadap invasi di Ukraina.

Dikutip laman RT, Jumat (4/3/2022), militer AS dan Rusia telah menetapkan garis "dekonflik" untuk mencegah kesalahpahaman atau kecelakaan yang meningkat menjadi perang antara Moskow dan NATO, Pentagon mengkonfirmasi pada hari Kamis waktu setempat.

“Amerika Serikat mempertahankan sejumlah saluran untuk membahas masalah keamanan kritis dengan Rusia selama kontingensi atau keadaan darurat,” kata seorang pejabat senior Departemen Pertahanan Pentagon.

“Departemen Pertahanan (Pentagon -red) baru-baru ini membentuk garis dekonflik dengan Kementerian Pertahanan Rusia pada 1 Maret untuk tujuan mencegah kesalahan perhitungan, insiden militer, dan eskalasi.”

Pentagon sudah menggunakan saluran komunikasi serupa dengan Moskow di Suriah, di mana Rusia telah melakukan operasi kontra-teroris atas undangan Damaskus sejak akhir 2015 – dan kadang-kadang berpapasan dengan pasukan AS yang beroperasi di negara itu tanpa mandat internasional.

Komando Eropa dan AS akan bertanggung jawab atas hotline sisi Amerika, kata pejabat Pentagon. Pengumuman itu muncul sehari setelah Swedia – yang bukan anggota NATO – menuduh pesawat Rusia menyimpang ke wilayah udaranya di atas pulau Gotland di Laut Baltik.

Awal pekan ini, Pentagon mengatakan bahwa pihaknya berusaha untuk membangun saluran langsung dengan militer Rusia, karena lebih banyak pasukan AS dan NATO bergerak menuju perbatasan timur aliansi itu.

Meski Presiden Joe Biden menegaskan tak akan kirim tentara, AS dilaporkan telah menempatkan beberapa ribu tentara ke Polandia, Rumania dan negara-negara Baltik seperti Estonia, Latvia, dan Lituania dalam beberapa pekan terakhir.

Editor: Hermansyah Terbit

Sumber: Eka Putra

Tags

Terkini

3 Peraturan Unik di Jepang Bikin Geleng Kepala

Selasa, 27 September 2022 | 20:07 WIB

Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth 19 September

Minggu, 11 September 2022 | 08:17 WIB
X