• Rabu, 28 September 2022

Setelah Serangan Fatal Houthi, UEA Larang Penggunaan Drone

- Minggu, 23 Januari 2022 | 22:21 WIB
Ilustrasi drone untuk pengambilan foto atau video dari udara
Ilustrasi drone untuk pengambilan foto atau video dari udara

Jakarta, HanTer - Uni Emirat Arab telah melarang penerbangan drone di negara itu, meski bertujuan untuk rekreasi, setelah pemberontak Houthi Yaman mengklaim serangan drone fatal terhadap fasilitas minyak dan bandara utama di negara itu.

Penggemar drone dan operator lain dari pesawat olahraga listrik ringan menghadapi tuntutan hukum jika ketahuan menerbangkan benda-benda itu, kata Kementerian Dalam Negeri, seraya menambahkan bahwa pihaknya dapat memberikan pengecualian kepada bisnis yang ingin membuat film.

Serangan drone dan rudal yang langka di ibu kota Abu Dhabi meledakkan beberapa tanker bahan bakar dan menewaskan tiga orang pekan lalu.

Houthi, yang menguasai ibu kota Yaman dan telah berperang selama bertahun-tahun dengan koalisi militer pimpinan Saudi yang mencakup UEA, mengklaim serangan itu.

Sementara UEA sebagian besar telah menarik pasukan dari konflik yang menemui jalan buntu, negara itu terus menjadi pemain utama dan mendukung milisi lokal di lapangan.

UEA mengatakan Houthi menargetkan negara itu dengan drone bermuatan bom dan rudal jelajah dan balistik, menambahkan negara itu telah mencegat beberapa proyektil. Menanggapi serangan itu, koalisi pimpinan Saudi telah meningkatkan serangan di bagian Yaman yang dikuasai pemberontak pada pekan lalu.

Peraturan pemerintah di UEA sudah membatasi drone terbang di daerah pemukiman serta dekat, di sekitar dan di atas bandara. Pengguna drone biasanya harus mendapatkan sertifikat dari otoritas penerbangan sipil.

Editor: Hermansyah

Tags

Terkini

3 Peraturan Unik di Jepang Bikin Geleng Kepala

Selasa, 27 September 2022 | 20:07 WIB

Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth 19 September

Minggu, 11 September 2022 | 08:17 WIB
X