Duterte Tak Mau Lawan Putrinya Menjadi Wakil Presiden FIlipina

- Senin, 15 November 2021 | 21:19 WIB
Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan putrinya Sara Duterte-Carpio yang mencalonkan diri sebagai wakil presiden
Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan putrinya Sara Duterte-Carpio yang mencalonkan diri sebagai wakil presiden

Jakarta, HanTer - Presiden Filipina Rodrigo Duterte akan mencalonkan diri sebagai senator dalam pemilihan tahun depan, langkah di menit terakhir untuk menghindari bersaing dengan putrinya yang mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

Presiden Duterte mengajukan pencalonannya satu jam terakhir sebelum pendaftaran berakhir pada Senin (15/11/2021) pukul 17.00 waktu setempat. Langkah ini mengikuti banyak spekulasi atas keputusan posisi mana yang akan dicalonkan dalam pemilihan 2022. Duterte tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri sebagai presiden lagi.

Sebelumnya, sekretaris komunikasi Duterte mengatakan Presiden akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Kemudian, juru bicara kepresidenannya mengatakan Duterte tidak akan melawan putrinya, Sara Duterte-Carpio, yang telah mengajukan pencalonannya sebagai wakil presiden.

"Mereka saling mencintai, ayah dan anak perempuan Rodrigo Roa Duterte dan Walikota Inday Sara. Mereka tidak akan saling melawan, mereka tidak akan saling bersaing," kata juru bicara Harry Roque kepada wartawan, Senin.

Batas waktu Senin bagi partai-partai politik Filipina untuk menyelesaikan kandidat untuk pemilihan tahun depan telah membuat para pemilih gelisah, dengan perubahan menit-menit terakhir dalam persaingan yang tidak dapat diprediksi tetapi signifikan.

Di Filipina, presiden dan wakil presiden dipilih dalam kontes terpisah. Duterte tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri sebagai presiden lagi, tetapi memenuhi syarat untuk mencalonkan diri untuk jabatan lain, termasuk wakil presiden, senator, anggota kongres, walikota atau gubernur. Dia adalah walikota Kota Davao sebelum mencalonkan diri sebagai presiden pada 2016.

Sedangkan putrinya yang berusia 43 tahun, sebelumnya diperkirakan akan mencalonkan diri untuk menggantikannya sebagai presiden, karena popularitasnya dan keunggulan yang jelas dalam semua jajak pendapat tahun ini tentang kandidat pilihan. Namun dia mendaftar untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden Filipina. Hermansyah

Editor: Hermansyah

Tags

Terkini

Aksi Pembakaran Al Quran di Swedia Tuai Kecaman

Minggu, 22 Januari 2023 | 13:35 WIB

PM Selandia Baru Jacinda Arden Mengundurkan Diri

Kamis, 19 Januari 2023 | 10:49 WIB

Begini Raih Mimpi Master Program di Jepang

Kamis, 12 Januari 2023 | 23:27 WIB
X