• Senin, 8 Agustus 2022

Petinggi Partai Komunis Persilahkan Presiden Xi Jinping Memperpanjang Kekuasaan

- Kamis, 11 November 2021 | 22:36 WIB
Presiden Xi Jinping
Presiden Xi Jinping

Jakarta, HanTer - Para pemimpin Partai Komunis yang berkuasa pada Kamis (11/11/2021), menyiapkan panggung bagi Presiden Xi Jinping untuk memperpanjang kekuasaannya tahun depan, memuji perannya dalam kebangkitan China sebagai kekuatan ekonomi dan strategis serta menyetujui sejarah politik yang memberinya status tokoh partai terpenting China.

Anggota Komite Sentral menyatakan ideologi Xi sebagai "inti dari budaya China", saat mereka mengakhiri pertemuan kepemimpinan. Dalam bahasa yang sangat berlebihan bahkan untuk seorang pemimpin China, sebuah pernyataan partai mengatakan itu “sangat penting” untuk “peremajaan besar bangsa China.”

Xi, yang telah mengumpulkan lebih banyak otoritas pribadi daripada pemimpin mana pun sejak setidaknya Deng Xiaoping pada 1980-an, secara luas diperkirakan akan mengejar masa jabatan lima tahun ketiga sebagai sekretaris jenderal partai. Itu akan mematahkan tradisi partai berusia dua dekade yang mengharuskan pemimpin berusia 68 tahun itu mundur tahun depan.

Resolusi kepemimpinan partai tentang sejarahnya hanya yang ketiga sejak didirikan 100 tahun yang lalu, setelah satu di bawah Mao Zedong, pemimpin pertama pemerintah komunis, dan satu lagi di bawah Deng, yang meluncurkan reformasi yang mengubah China menjadi kekuatan ekonomi.

Keputusan untuk mengeluarkan satu di bawah Xi secara luas dilihat secara simbolis mengangkatnya ke status mereka.

Partai tersebut menghapus batas masa jabatan Xi sebagai presiden pada 2018, menunjukkan niatnya untuk tetap berkuasa. Kemudian, para pejabat mengatakan kepada wartawan bahwa Xi mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk memastikan reformasi ekonomi dan lainnya dilakukan.

Xi, putra salah satu jenderal Mao, tidak menghadapi saingan yang jelas, tetapi tawaran untuk berkuasa lebih lama berpotensi mengasingkan tokoh-tokoh partai yang lebih muda yang mungkin melihat peluang mereka untuk promosi berkurang.

Juga, para ilmuwan politik menunjuk pada pengalaman negara-negara lain di Asia, Afrika, dan Amerika Latin dan memperingatkan bahwa kekuasaan satu orang dalam jangka waktu lama akan mengarah pada keputusan resmi dan kinerja ekonomi yang lebih buruk.

Pernyataan partai hari Kamis menekankan keberhasilannya dalam mengawasi kemunculan China sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia, menutupi kekerasan politik yang mematikan pada dekade-dekade awal kekuasaannya dan meningkatnya keluhan tentang pelanggaran hak asasi manusia.

Xi telah menggunakan kendalinya atas alat propaganda partai yang luas untuk mempromosikan citranya.

Media pemerintah mengaitkannya dengan keberhasilan nasional termasuk memerangi virus corona, kebangkitan China sebagai pencipta teknologi, dan misi bulan yang sukses tahun lalu untuk mengembalikan batu bulan.

Penilaian 1981 di bawah Deng menjauhkan partai dari pergolakan kekerasan Revolusi Kebudayaan ultra-radikal 1966-1976.

Sebaliknya, Xi telah mempromosikan citra positif dari dekade-dekade awal partai berkuasa dan menyerukannya untuk menghidupkan kembali “misi aslinya” sebagai kekuatan ekonomi, politik dan budaya terkemuka China.

Editor: Hermansyah

Tags

Terkini

X