• Selasa, 6 Desember 2022

Posting Foto Makan Pisang 'Provokatif', Turki Deportasi Pengungsi Suriah

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 18:56 WIB

Jakarta, HanTer - Turki mendeportasi setidaknya tujuh warga Suriah karena secara provokatif membagikan gambar mereka saat makan pisang di media sosial setelah seorang warga Turki mengeluh bahwa dia tidak mampu membeli pisang sementara para pengungsi bisa.

“Kamu hidup lebih nyaman. Saya tidak bisa makan pisang, Anda membeli pisang kilogram,” kata seorang pria Turki sambil mencaci seorang mahasiswi Suriah dalam video 17 Oktober yang diambil di Istanbul.

Seorang wanita Turki bergabung, menuduh orang-orang Suriah menikmati gaya hidup mewah di Turki daripada pulang ke rumah untuk berperang, menolak penjelasan siswa bahwa dia tidak punya tempat lagi untuk kembali.

Turki menampung populasi pengungsi terbesar di dunia karena penurunan ekonomi membuat beberapa pekerjaan di sana lebih sulit didapat.

Pada saat yang sama, mereka yang memiliki pekerjaan telah melihat daya beli mereka melemah, mengipasi ketidakpuasan atas kebijakan pengungsi pemerintah di bawah Presiden Recep Tayyip Erdogan, yang menghadapi pemilihan kembali dalam waktu dua tahun.

Sekitar 4 juta warga Suriah yang melarikan diri dari perang saudara di negara mereka sebagian besar hidup berdampingan secara damai dengan orang Turki selama beberapa tahun.

Pemerintah, bagaimanapun, sedang berusaha untuk menahan sentimen anti-imigran yang telah meningkat secara nasional.

“Tujuh warga negara asing telah ditangkap dalam penyelidikan atas posting media sosial yang provokatif dan mereka akan diproses untuk dideportasi, otoritas migrasi Turki mengatakan dalam sebuah pernyataan Rabu malam.

Bersiap untuk serangan balik potensial atas melemahnya ekonomi serta kebijakan pengungsinya, Erdogan mengancam kampanye baru melawan pasukan Kurdi yang didukung AS di Suriah, yang juga dapat membantunya mengumpulkan dukungan nasionalis.

Halaman:

Editor: Hermansyah

Tags

Terkini

Iran Resmikan Pembangunan PLTN Kapasitas 300 Megawat

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:59 WIB

AS Disebut Biarkan Eropa Tanggung Konsekuensi Krisis

Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:18 WIB

Elon Musk Pasang Foto Pemakaman, #RIPTwitter Trending

Jumat, 18 November 2022 | 13:04 WIB
X