• Kamis, 1 Desember 2022

WHO Serukan Akses Ke Pasien Gaza, Evakuasi untuk Perawatan Medis

- Jumat, 28 Mei 2021 | 19:50 WIB
Ilustrasi kantor WHO
Ilustrasi kantor WHO

Jakarta, HanTer - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Jumat (28/5/2021), menyerukan akses ke pasien di Jalur Gaza dan perjalanan gratis untuk mengevakuasi mereka untuk perawatan medis karena petugas kesehatan berjuang untuk merawat yang sakit dan terluka setelah 11 hari serangan Israel.

Juru bicara WHO Fadela Chaib mengatakan dalam pengarahan Jenewa bahwa sekitar 600 pasien, termasuk beberapa dengan kondisi kronis, perlu dirujuk ke luar kantong Palestina sejak dimulainya permusuhan, tetapi tidak bisa karena penutupan penyeberangan.

“Sangat penting bagi kami untuk membantu warga Palestina mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan, terutama membantu mereka mendapatkan perawatan di luar Jalur Gaza,” katanya.

WHO telah hadir di lapangan, kata Chaib, tetapi tidak dapat memastikan apakah saat ini mereka memiliki akses dari luar. Badan bantuan lain mengeluhkan akses kemanusiaan dan persediaan obat yang terbatas.

Lusinan pusat kesehatan rusak selama pemboman Israel awal bulan ini, mendorong WHO untuk memperingatkan bahwa fasilitas tersebut berisiko kewalahan.

“Kapasitas sistem kesehatan untuk merespons benar-benar hancur,” Helen Ottens-Patterson, kepala misi MSF di Gaza, mengatakan kepada wartawan awal pekan ini.

Dalam indikasi tantangan ke depan, dia mengatakan bahwa tim MSF harus "mengarungi puing-puing dan kaca" untuk mengakses kompleks kementerian kesehatan awal pekan ini.

Pekerja bantuan juga telah menyuarakan keprihatinan tentang kemungkinan lonjakan infeksi COVID-19 setelah kekerasan terbaru, karena banyak orang yang mengungsi akibat pemboman berkumpul bersama untuk berlindung.

Editor: Hermansyah

Tags

Terkini

Elon Musk Pasang Foto Pemakaman, #RIPTwitter Trending

Jumat, 18 November 2022 | 13:04 WIB

Kemenangan Partai Republik Bakal Untungkan Rusia

Rabu, 9 November 2022 | 23:30 WIB

Pejabat Senior Rusia Tewas dalam Sebuah Kecelakaan

Rabu, 9 November 2022 | 23:12 WIB
X