• Rabu, 10 Agustus 2022

Misi Antariksa UEA Kirim Foto Pertama Permukaan Planet Mars

- Minggu, 14 Februari 2021 | 23:47 WIB
Gambar pertama planet Mars yang diabadikan oleh tim misi
Gambar pertama planet Mars yang diabadikan oleh tim misi

Jakarta, HanTer - Penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum pada Minggu (14/2/2021) membagikan gambar pertama permukaan Mars yang diambil oleh tim misi "Harapan" Uni Emirat Arab.

"Gambar pertama Mars ditangkap oleh tim penyelidikan Arab pertama dalam sejarah, 25.000 km di atas permukaan Planet Merah," kata Sheikh Mohammed, yang juga Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA, dalam sebuah tweet.

UEA membuat sejarah pada minggu lalu dengan menjadi negara Arab pertama, dan negara kelima di dunia, yang mengirim penyelidikan ke Mars.

Pada Juli 2020, Amerika Serikat, Cina, dan UEA mengirim pesawat ruang angkasa ke Mars, dengan UEA menjadi yang pertama dari tiga yang mencapai planet itu. Ini juga menandai misi antarplanet pertama yang pernah diluncurkan oleh negara Arab.

Pesawat luar angkasa, yang tidak berawak, dikirim dalam upaya untuk menjelajahi dinamika iklim planet dalam skala waktu harian dan musiman. Misi tersebut akan berlangsung selama satu tahun Mars penuh yang berarti 687 hari bumi.

Editor: Hermansyah

Tags

Terkini

X