Pertemuan Menlu G20 Gagal Hasilkan Konsensus Soal Perang Rusia-Ukraina

- Minggu, 5 Maret 2023 | 13:05 WIB
Pertemuan menteri luar negeri G20. (Anadolu) (harianterbit)
Pertemuan menteri luar negeri G20. (Anadolu) (harianterbit)

HARIANTERBIT.com - Pertemuan para menteri luar negeri yang tergabung dalam G20 di New Delhi, India, gagal mencapai konsensus tentang Perang Rusia-Ukraina.

“Para menteri luar negeri G20 tidak dapat mendamaikan pihak-pihak di Ukraina dan ada divergensi tentang masalah yang berkaitan dengan konflik,” kata Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar pada konferensi pers setelah pertemuan selama dua hari itu berakhir.

Namun, dia mengatakan bahwa mereka mencapai kesepakatan tentang banyak masalah.

Baca Juga: Direktur PT ATE Diperiksa Penyidik Kejagung Terkait Kasus Dugaan Korupsi BTS 4G

"Ada banyak kesepakatan tentang sejumlah masalah seperti memperkuat multilateralisme, mempromosikan keamanan makanan dan energi, perubahan iklim, masalah gender, kontra-teroris," kata Jaishankar.

“Sebagian besar anggota sangat mengutuk perang di Ukraina dan menekankan hal itu menyebabkan penderitaan manusia yang sangat besar dan memperburuk keraguan yang ada dalam ekonomi global - membatasi pertumbuhan, meningkatkan inflasi, mengganggu rantai pasokan, meningkatkan energi dan kerawanan pangan, dan meningkatkan risiko stabilitas keuangan,” kata pernyataan bersama.

Baca Juga: Persiapan Puasa Ramadhan, Ini 9 Cara Keren untuk Puasa Sukses Sebulan Penuh Tanpa Mengeluh!

“Kami sangat sedih dengan jatuhnya banyak korban meninggal dan kehancuran yang tragis akibat gempa yang menghancurkan di Turkiye pada 6 Februari 2023, dan berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Turki,” tambah mereka.

Pertemuan G20 ini diadakan beberapa hari setelah pertemuan menteri keuangan kelompok G20 di Bengaluru, ibu kota Negara Bagian Karnataka, yang berakhir minggu lalu.

Pertemuan, yang dimulai dengan makan malam gala pada Rabu malam, adalah yang kedua sejak India mengambil presidensi G-20 pada 1 Desember tahun lalu.

Baca Juga: Yoo Ah In Tersangka Narkoba, Para Aktor Film The Match Harap-harap Cemas

Menurut Kementerian Luar Negeri India, lebih dari 40 delegasi menghadiri pertemuan itu, termasuk para menlu dari Turkiye, Rusia, China, dan Amerika Serikat (AS), yang merupakan "salah satu pertemuan terbesar menteri luar negeri yang diselenggarakan oleh presiden G-20."

G-20 adalah platform multilateral strategis yang menghubungkan ekonomi besar yang berkembang di dunia, yang menyumbang lebih dari 80 persen dari PDB global, 75 persen dari perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.

Editor: Arbi Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X