Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 12 Oktober 2017 19:14 WIB
WADAH GALI BIBIT MUDA POTENSIAL DI SEKTOR OLAHRAGA

Pemkab Sumenep Apresiasi Gelaran Gala Desa Kemenpora

Sumenep, HanTer - Gelaran Gala Desa sebagai alah satu program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dibawah payung "Ayo Olahraga" mendapat apresiasi tinggi dari pemerintah daerah.
 
Salah satunya Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Dipercaya menjadi salah satu tempat perhelatan Gala Desa, hal tersebut dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk terus mencari bibit muda potensial yang berada diwilayahnya.
 
Mewakili Bupati Sumenep, Hery Koentjoro Pribadi selaku Assisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Sumenep, ia sangat mengapresiasi terhadap kegiatan Kemenpora yang ada di wilayahnya seperti Gala Desa.
 
Ia berujar bahwa kegiatan ini sangat positif bagi generasi muda di wilayahnya terutama di bidang olahraga, khususnya pada cabang olahraga sepakbola yang masih menjadi primadona di wilayah tersebut.
 
"Atas nama pemerintah Kabupaten Sumenep mengucapkan terimakasih kepada Kemenpora atas dukungan melalui turnamen Gala Desa dan juga Liga Santri yang beberapa waktu lalu jiga dilakukan disini," kata Hery dalam sambutan di Lapangan Desa Talang, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (12/10/2017).
 
"Semoga turnamen ini memacu dan menggerakkan adrenalin pemain sepakbola agar berprestasi di masa mendatang. Sepakbola tidak hanya sekedar mengolah si kulit bundar. Sepakbola telah menjadi perekat solidaritas dan nasionalisme," sambung dia.
 
 
Karena melihat kondisi saat ini, ia sangat menyayangkan terhadap perjalanan sepakbola Indonesia ketika mengarungi level internasional, terutama di tingkat Asia Tenggara. Itu sangat ironis dengan jumlah penduduk yang begitu besat di penjuru tanah air.
 
"Namun sayangnya sepakbola di tingkat nasional sangat mengkhawatirkan. Begitupun di tingkat Asia Tenggara yang sudah tertinggal. Padahal jumlah penduduk Indonesia mencapai 250 juta," ia menambahkan.
 
"Bandingkan dengan negara seperti Belanda atau Spanyol dan lainnya yang jauh populasinya dibanding kita. Tapi tim sepakbola nasionalnya menjadi langganan dunia dan bahkan menjadi yang terbaik didunia."
 
Menurut dia hal tersebut dilandasi dengan sistem pembinaan yang kurang baik oleh federasi. Maka tak ayal bila Gala Desa mendapat apresiasi tinggi untuk menggali bibit potensial khususnya di wilayah Sumenep.
 
"Karena ini tidak mempunyai sistem dan pembinaan yang baik. Akibatnya banyak talenta berbakat terbuang percuma. Untuk itu daya mengapresiasi turnamen gala desa karena banyak mutiara yang terpendam di Kabupaten Sumenep ini," cetus dia.
 
 
Ditempat yang sama, Herman Nur Sunarto selaku Sekretaris Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Sekdisbudparpora) Kabupaten Sumenep mengatakan bahwa Gala Desa tahun ini diikuti seluruh lapisan masyarakat dari 29 kecamatan di wilayahnya.
 
Semua cabang olahraga (cabor) prestasi seperti sepakbola, bulutangkis, bola voli, sepak takraw, atletik dan tenis meja dijalankan ditempat yang berbeda mulai 12 Oktober sampai 3 Desember mendatang.
 
Senada juga dipaparkan Menpora Imam Nahrawi yang diwakili Bambang Pamungkas selaku Subit Pembinaan Olahraga Pendidikan Menengah Kementerian Pemuda dan Olahraga.
 
Ia menyebut bahwa gelaran Gala Desa merupakan sebuah bentuk komitmen pemerintah pusat untuk terjun ke daerah guna mencari dan mencetak bibit handal potensial yang kelak mengharumkan nama bangsa di level internasional.
 
"Pembukaan Gala Desa diharapkan memberikan nilai positif bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Sumenep. Tujuan dari pelaksanaan Gala Desa diharapkan pembudayaan olahraga dapat mencapai pelosok desa atau kelurahan," ucap dia
 
"Pelaksanaan Gala Desa juga mencari bibit atlet bertalenta guna menambah skuad atau kekuatan atlet Indonesia di ajang olimpiade internasional," pungkasnya.


(Eka)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats