Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 11 Oktober 2017 19:10 WIB

Menpora: PRIMA Tetap Berjalan Sampai Ada Perubahan Perpres

Jakarta, HanTer - Asosiasi Olimpian Indonesia meminta pengurus cabang-cabang olahraga agar ikut mempertanggungjawabkan prestasi para atlet dalam kejuaraan multicabang olahraga internasional, terutama dalam Asian Games 2018.
 
"Bukan hanya menteri atau kementerian yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan kontingen Indonesia. Tapi, pengurus cabang olahraga harus ikut bertanggung jawab terhadap keberhasilan atlet-atlet mereka sesuai dengan target yang mereka katakan," ujar Ketua Umum IOA Richard Sam Bera seusai bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Jakarta, Rabu (11/10/2017).
 
Mantan atlet renang itu mengatakan pengurus cabang-cabang olahraga itu semestinya mempunyai indeks kinerja (KPI) yang jelas terkait pencapaian target prestasi dalam kejuaraan internasional. "Tercapai atau tidak targetnya, harus ada KPI yang jelas. Itu tergantung dari cabang-cabang olahraga untuk melaksanakan persiapan atlet-atlet mereka," tegas Richard.
 
Namun, pengoleksi 11 medali emas SEA Games itu mengatakan wujud pelaksanaan indeks kinerja pengurus cabang olahraga terkait prestasi para atlet mereka akan diumumkan lebih lanjut oleh Menpora.
 
IOA, lanjut Richard, juga berharap terkait rencana pemerintah untuk menghapus Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) tidak berdampak terhadap persiapan para atlet nasional jelang Asian Games 2018.
 
Dalam kesempatan yang sama, Menpora Imam Nahrawi menegaskan bahwa Peraturan Presiden (Perpres) No.15 tahun 2016 tentang Satlak PRIMA masih tetap berjalan sebelum ada peraturan baru.  “Mengenai PRIMA tetap berjalan sampai ada perubahan Perpres. Apapun kondisi ini tidak boleh menganggu konsentrasi atlet yang sekarang sudah mulai masuk pelatnas. Tidak boleh secara psikologis mempengaruhi atlet-atlet kita untuk tetap konsentrasi,” tegasnya.  
 
Ia pun mengajak kepada semua masyarakat untuk menunggu pembahasan tentang Perpres tersebut. “Selama ini memang saya terus terang belum mengajak semua stakeholder olahraga untuk melihat secara obyektif, bahwa kita punya tanggungjawab bersama-sama terhadap prestasi Indonesia," katanya.
 
"Karenanya, saya bersyukur para olimpian bersama-sama melangkah untuk memotivasi sekaligus mengajak kepada pelaku olahraga untuk bertanggung jawab bersama terhadap prestasi olahraga kita," pungkasnya. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats