Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 11 Oktober 2017 17:58 WIB

Jawa Barat Juara Umum Pekan Olahraga Tradisional Nasional V/2017

Bengkulu, HanTer - Provinsi Jawa Barat (Jabar) tampil sebagai juara umum pada Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional V/2017 di Bengkulu, Rabu (11/10/2017). Jabar memastikan cetak sejarah merebut juara umum untuk pertama kalinya dalam lima kali penampilan setelah sukses memdulang dua medali emas dan satu perak, mengguli tetangganya Banten yang berada di posisi kedua demgan satu emas dan dua perunggu. Sedangkan Kalimantan Timur berada di posisi ketiga dengan raihan satu emas. 
 
Dua emas daerah Priangan itu dipersembahkan tim terompah panjang dan hadang. Provinsi Banten berjaya di cabang enggrang. Sedangkan Kaltim menyabet emas cabang sumpitan. "Kami tentu bahagia dan bangga berhasil meraih juara umum. Ini merupakan sukses pertama Jabar jadi juara umum. Selain itu juara umum di olahraga tradisional ini makin melengkapi sukses Jabar menjadi juara umum olahraga prestasi di PON tahun lalu," kata Henry Wahyu BP dari Dinas Pemuda Dan Olahraga Jabar.
 
Henry yang juga sebagai pengurus Komunitas Olahraga Tradisional Indonesia (KOTI) Jabar menambahkan, keberhasilan merebut juara umum sebagai buah dari persiapan serius oleh Dispora dan KOTI Jabar. Para atlet digodok selama tiga bulan. Mereka dipilih melalui seleksi bertahap. "Kami membenahi proses pemilihan dan pelatihan. KOTI juga lebih rapi," ucapnya.
 
Sementara itu, Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional V/2017 yang diikuti 502 peserta dari 15 provinsi itu ditutup oleh Pelaksana Tugas Asisten I Provinsi Bengkulu Hamka Sabri.  Acara penutupan yang berlangsung di lapangan Sport Centre Pantai Panjang itu dihadiri Kepala Bidang Olahraga Tradsional Kementrian Pemuda Dan Olahraga Drs Arman dan Kadispora Bengkulu.
 
Arman dalam,sambutannya mengemukakan, olahraga tradisional bukan.saja.harus dilestarikan namun juga diangkat menjadi olahraga prestasi. Seperti perjalanan pencak silat, sepak takraw dan tarung derajat. Kemenpora akan terus membangkitkan.dan mengawal olahraga tradisional. 
 
"Karena itulah Kemenpora mendorong hal ini ke daerah-daerah agar lebih bergairah. Juga agar daerah ikut dan turut bertanggungjawab terhadap pengembangan olahraga tradisional ini," kata Arman.
 
Disebutkan, Bengkulu luar biasa dalam menggelar Pekan Olahraga Tradisional Nasional V sejak 8 Oktober lalu. "Di provinsi lain harus lebih baik lagi. Terimakasih Bengkulu, sampai berjumpa di Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional tahun depan," pungkasnya. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats