Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 01 Oktober 2017 13:55 WIB
Gala Desa Bangkalan Resmi Digelar

Kemenpora Imbau Daerah Tingkatkan Standar Even Olahraga

Bangkalan, HanTer - Perhelatan program pengembangan olahraga di desa-desa atau Gala Desa kini hadir di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Sebanyak enam cabang olahraga (cabor) dipertandingkan dalam even ini.

Program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk membudayakan dan memasyarakatkan olahraga itu resmi dibuka oleh Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora, Sanusi dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, M. Saad As’Jari, di Desa Morkepek, Kecamatan Labang, Bangkalan, Sabtu (30/9/2017).

Dalam sambutannya, Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora, Sanusi mengatakan, Program Gala Desa sangat strategis untuk mencari bakat-bakat potensial dari level bawah. Yang nantinya diharapkan muncul atlet berprestasi baik secara nasional maupun internasional.

“Gala Desa ini diselenggarakan di 135 Kabupaten/Kota dengan 816 desa yang dilibatkan. Dari ratusan desa ini, tentu sangat strategis dan potensial untuk mencari bakat-bakat olahragawan muda dilevel bawah, yang nantinya dibina agar terus berprestasi ditingkat nasional dan internasional,” kata Sanusi dalam kesempatan itu.

Disamping itu, Gala Desa sejatinya juga digelar untuk membudayakan olahraga dikalangan masyarakat. Dengan begitu, kata dia, olahraga akan menjadi gaya hidup dan secara otomatis meningkatan ketahanan sosial masyarakat yang tinggi. “Karena dari olahraga, akan muncul sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin,” ucapnya.

 

Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora, Sanusi saat memberikan pengarahan kepada peserta Gala Desa cabang olahraga Tenis Meja di Desa Tengket, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan.

Peningkatan Standar

Namun demikian, ia berharap kedepannya standar kegiatan Gala Desa dapat ditingkatkan. “Pertama, terkait dengan pentingnya kriteri peserta, misal, sudah melalui hasil seleksi dan pembinaan. Kedua, terkait dengan mekanisme penyelenggaraan Gala Desa yang harus terus ditingkatkan secara kualitas. Ini berhubungan dengan keseriusan pengelola event,” kata dia,

Ketiga, lanjutnya, kualitas wasit dan pelatih yang harus memiliki standarisasi. Keempat, target capaian yang mau dihasilkan. “Tujuannya agar terjaring dan terbentuk potensi-potensi olahragawan yang berada dilevel lebih tinggi, yang nantinya bisa dimasukkan ke dalam pusat-pusat pelatihan, seperti Pelatnas maupun PPLP.”

Terakhir, Sanusi mengingatkan agar kegiatan serupa pemerintah daerah secara berkelanjutan menggelar kegiatan-kegiatan serupa Gala Desa. “Tidak harus banyak cabang olahraga, bisa satu saja. Misalnya, dengan fokus pada satu atau dua cabor sesuai dengan potensi masing-masing desa,” tuturnya.

Minim Fasilitas

Sementara itu, Kadispora Kabupaten Bangkalan, M. Saad As’Jari mengapresiasi dukungan Kemenpora dalam penyelenggaraan Gala Desa, dan berharap program ini dapat terus berlanjut ditahun-tahun berikutnya.

“Potensi (olahragawan) di Bangkalan cukup banyak di berbagai cabor, dan kami terkendala dengan fasilitas olahraga yang sangat kurang karena keterbatasan anggaran. Dengan Gala Desa ini, sangat membabtu untuk menjaring potensi atlet-atlet ditingkat desa,” ucapnya.

Ia menjelaskan, terdapat enam cabor yang digelar dan tersebar di enam kecamatan. Yaitu Desa Morkepek, Kecamatan Labang dipilih menjadi penyelenggara Sepak Bola, Desa Keleyan Kecamatan Socah menjadi penyelenggara Sepak Takraw, Kelurahan Tunjung Kecamatan Burneh untuk Bulu Tangkis, dan Desa Sankeen Kecamatan Kwanyar untuk Atletik.

Selanjutnya, Desa Tengket Kecamatan Arosbaya menjadi penyelenggara Tenis Meja dan Desa Penyuajuh Kecamatan Kamal untuk olahraga Bola Volli. “Kami sengaja serahkan penyelenggara kepada masing-masing kecamatan. Tugas kami hanya mengarahkan agar mereka terbiasa untuk menggelar kegiatan serupa,” ujarnya. 

 

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats