Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 06 Agustus 2017 14:04 WIB

GPN Salahsatu Tindak Lanjut Nawacita Presiden Joko Widodo

Mamuju, HanTer - Masyarakat Kabupaten Mamuju cukup antusias mengikuti kegiatan Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 yang dipusatkan di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat, Minggu (6/8/2017) . Tercatat, sekitar seribu peserta ambil bagian pada kegiatan yang diinisiasi Kemenpora tersebut.
 
Bupati Mamuju Habsi Wahid langsung memimpin Gowes dengan melewati rute sekitar tujuh kilometer. Sebelum mengayuh sepeda, orang nomor satu di lingkungan Pemkab Mamuju itu juga menyerahkan tanah dan air kepada perwakilan Kemenpora yang diterima Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan, Sanusi.
 
Tanah dan air itu akan disatukan dengan tanah dan air dari seluruh kabupaten/kota yang menggelar GPN 2017, lalu dibuat Monumen di Magelang. Bupati beserta jajarannya juga ikut melakukan senam sebelum Gowes dimulai. Adapun Sanusi didaulat untuk melepas peserta GPN mewakili Menpora Imam Nahrawi.
 
Bupati Habsi mengakui masyarakat di wilayahnya cukup antusias mengikuti gelaran GPN. Mereka rela berbondong-bondong dengan hadir ke Pantai Manakarra, salah satu ikon wisata di Sulawesi Barat. "Seluruh masyarakat Mamuju menyambut baik acara GPN. Untuk itu, saya sampaikan salam ke Pak Menteri, bahwa masyarakat butuh perhatian Pak Menteri, khususnya olahraga di Mamuju," tutur Bupati.
 
Sesungguhnya, GPN adalah salah satu tindak lanjut Nawacita Presiden Joko Widodo dalam hal ingin meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia yang sehat dan punya karakter kebugaran dalam berolahraga. "Untuk itu, olahraga yang menjadi program pusat dan daerah akan senantiasa kita galakkan. Karena dengan berolahrga, kita bisa sehat, bugar dan ini bisa menyatukan persatuan di antara kita. Apalagi, olahraga bersepeda adalah olahraga massal, sudah dikenal di mana saja dan sepeda ini bisa jadi transportasi masyarakat," ungkap Bupati.
 
Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora, Sanusi mengatakan, respons warga Mamuju terhadap kegiatan GPN begitu besar. Pihaknya berharap masyarakat setempat terus membudayakan olahraga agar ke depan bisa memunculkan bibit-bibit atlet. "Respons masyarakat cukup besar, Bupati juga hadir di tengah-tengah kita. Karenanya kami berharap program ini bisa dilanjutkan, tidak menunggu inisiasi dari pemerintah pusat," ujar Sanusi.
 
Selain itu di lokasi yang sama juga digelar tes rockport untuk kebugaran (Sport Development Index). Namun tak semua pegowes mengikutinya, hanya sekitar 100 orang sebagai sampel. Dalam hal ini, Kemenpora menggandeng Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.
 
Warga yang mengikuti tes rockport diminta berlari sekitar 1,6 kilometer untuk mengetahui kebugaran mereka. Selanjutnya, hasil dari tes tersebut menjadi acuan berapa rata-rata tingkat kebugaran warga Mamuju secara umum.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats