Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 06 Agustus 2017 16:44 WIB
Gowes Pesona Nusantara

Etape Anggrek Tangsel Diikuti 3200 Pesepeda

BSD, HanTer - Tangerang Selatan bukan hanya sekadar menjadi kota ke-50 yang menggelar Gowes Pesona Nusantara 2017, namun kota tersebut juga menjadi titik yang dilintasi oleh tim Gowes Turing Pesona Nusantara (GTPN) 2017, tim yang telah mengayuh sepedanya secara estafet dari Sabang sejauh 3.811 Km, finis diagendakan di Magelang, kota tempat puncak pelaksanaan hari olahraga nasional (Haornas).
 
Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta, melepas tim peserta Gowes Nusantara yang berjumlah sampai 3200 peserta. Mereka menempuh jarak lebih dari 10 kilometer dalam rute bersepeda yang diberi nama etape Anggrek Tangsel.
 
Tak hanya sekadar etape, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany juga memberikan nuansa anggrek dalam pelaksanaan start. Itu terlihat dari sepeda para peserta GPN dan GTPN yang diberikan hiasan anggrek, pada Minggu (6/8/2017). Raden 
 
Isnanta pun mendapatkan kalungan anggrek ungu yang menjadi salah satu bunga ikon daerah tersebut. Demikian juga denga para pembalap Gowes Turing yang di setiap sepedanya diberi tetenger berupa bungan anggrek.
 
Bendera start yang menjadi pelepasan ajang bersepeda dilakukan dua kali. Pertama, kibasan bendera start ditujukan untuk melepas tim Gowes Turing Pesona Nusantara yang akan melanjutkan bersepeda menuju Pondok Pinang, Jakarta Selatan setelah menyinggahi Tangsel. 
 
Kedua, kibasan bendera start ditujukan untuk melepas tim Gowes Turing yang diikuti lebih dari 3000 pegowes. 
 
Selain itu, ada juga masyarakat Tangsel yang turut ambil bagian untuk bergowes meskipun tidak mendaftarkan diri ke panitia. 
 
"Hari ini luar biasa, disambut kemeriahan peserta yang banyak, doorprize juga melimpah karena mitra kerja sangat peduli. Ini bukti olahraga benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat," ungkap Raden Isnanta.
 
Ia juga menegaskan, bahwa harapan pemerintah untuk jumlah peserta dan antusiasme masyarakat berolahraga, telah melebihi ekspektasinya. 
 
"Di atas target ini (untuk mengajak masyarakat berolahraga). Ayo Olahraga ini luar biasa, rata-rata kami ingin tiap kota ada lebih dari 1000 peserta, Ini belum seluruh kota, sejauh ini rata-rata sudah diatas 2500 peserta, ini sduah melebihi target," ungkapnya. 
 
Sementara itu, Airin dalam sambutannya menegaskan bahwa kehadiran ribuan masyarakat dalam GPN di Tangsel ini menjadi bukti bahwa even yang menjadi bagian dalam program Ayo Olahraga tersebut mampu meneguhkan komitmen ber-NKRI.
 
"Semoga dengan gowes ini, yang menyambangi berbagai kota dan mengusung spirit persatuan, menyatukan tanah air dari seluruh provinsi di Indonesia bisa semakain mempererat tali persatuan bahwa kita adalah NKRI dari Sabang sampai Merauke, dan juga kegiatan ini semoga meninggalkan Legacy untuk Indonesia," tegasnya.
 
Sebelumnya, sesaat jelang melepas acara Gowes, Airin juga sempat memberikan tanah dan air kepada perwakilan Kemenpora dari kota Tangsel. Tanah diambil dari kawasan Kermat Maruga, yang menjadi tanah petilasan Wali Songo, dan air diambil dari sumber kali Cisadane.


(Eka Putra)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats