Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 08 Juni 2017 15:56 WIB

Wondama Kota Peradaban Papua Siap Gelar Gowes Pesona Nusantara

Wondama, HanTer - Perhelatan Gowes Pesona Nusantara di Indonesia bagian Timur kini hadir menyambangi Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, daerah yang baru berumur empat tahun melalui pemekaran Kabupaten Manokwari berdasarkan UU Nomor 26 Tahun 2002.
 
Wondama itu sendiri merupakan kota "Peradaban Papua", karena di daerah ini pada tahun 1925 berdirinya sekolah pertama di Papua yang didirikan oleh Pengkabaran injil asal Jerman.
 
Daerah yang berluas kurang dari 15 ribu km itu dengan penduduk sekitar 25 ribu jiwa tersebut antusias menyambut perhelatan ini meski hanya memiliki satu jalan protokol. Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. I Nyoman Winata selaku Kabid Pembinaan Olahraga Massal dan kesehatan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga.
 
Perhelatan yang menyita perhatian warga setempat ini akan berlangsung pada Sabtu (10/6/2017) sore waktu setempat di alun-alun Wasior dengan mengambil rute menuju tanah peradaban dan kembali ke alun-alun. Rully Nere, legenda hidup sepakbola nasional asal Papua juga turut memeriahkan acara tersebut.
 
"Gowes Pesona Nusantara dibagian timur Indonesia kini sudah sampai di Kabupaten Teluk Wondama, meski diwilayah ini penduduknya tak banyak, namun tak mengurangi animo warga setempat untuk menyemarakan acara ini. Yang terpenting adalah kampanye kita mengajak masyarakat untuk berolahraga tercapai," tutur Dr I Nyoman Winata.
 
Seperti biasa, bagian terpenting dari perhelatan Gowes Pesona Nusantara ini selain berolahraga adalah terus mempertebal rasa nasionalisme terhadap NKRI dan rasa cinta terhadap Tanah Air, untuk itu Nyoman mengatakan jika penyatuan Tanah dan Air asli Wondama nantinya akan dilakukan langsung di Tanah Peradaban.
 
"Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Bupati Wondama bapak Drs. Bernadus Imburi, Msc dan Wakil Bupati bapak Paul Indubri yang sangat mensuport kegiatan ini. Skenarionya, Tanah dan Air asli Wondama itu akan diberikan ke pengurus gereja setempat, kemudian diserahkan ke pada Bupati yang kemudian diterima oleh pihak Kemenpora untuk disatukan dengan dari daerah lainnya dan akan dijadikan monumen Tanah Air di Jawa Tengah," terang Nyoman.
 
Ia juga menyebutkan bahwa hadiah fantastis disediakan oleh panitia lokal untuk para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. "Panitia menyediakan doorprice seperti halnya sepeda motor dan lainnya untuk warga setempat yang ikut berpartisipasi," urainya.
 
Nyoman menyebut jika keindahan alam Wondama tak kalah bagusnya terhadap keindahan di alam Papua lainnya. "Wisata bahari di Wondama tak kalah bagus seperti di lokasi lainnya yang ada di Papua, seperti halnya di pulau Auri. Jadi program Ayo Olahraga melalui Gowes Pesona Nusantara ini kita tak hanya bicara soal olahraga saja, namun coba untuk lebih memperkenalkan pariwisata didaerah-daerah yang disambangi oleh Gowes Pesona Nusantara," pungkas Nyoman.
 
Secara singkat, Rully Nere menyambut positif kampanye Kemenpora dengan tagline Ayo Olahraga melalui Gowes Pesona Nusantara ini. Menurutnya melalui berolahraga selain jasmani menjadi sehat akan membuat bangsa ini juga menjadi semakin kuat, solid yang tergabung dalam NKRI.


(Eka Putra)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats