Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 13 Mei 2017 18:10 WIB
Gala Desa

Bulukumba Bersiap Songsong Program Gala Desa

Bulukumba - Tidak salah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mencanangkan program Gala Desa. Pasalnya,  program tersebut mengundang antusiasme masyarakat dalam berolahraga. 
 
Seperti yang terlihat di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Ya,  Kota Bulukumba jadi kota untuk menandai digelarnya program kementerian yang dipimpin Imam Nahrawi.
 
Sebelum kick off dilakukan,  panitia Gala Desa untuk wilayah Sulawesi Selatan menggelar gladi bersih di lapangan Pemuda Bulukumba yang berada di depan Kantor Bupati Bulukumba Jl. Pemuda, Sabtu (13/5).
 
Tampak ratusan kalangan anak muda memenuhi lapangan. Sebagian mensimulasikan tari-tarian dengan diiringi musik tradisional. Selain itu, papan bertuliskan nama masing-masing kecamatan tertancap rapih di lapangan. 
 
"Ini gladi bersih untuk kick off Gala Desa besok. Bisa kita lihat,  betapa antusiasnya warga di sini menyambut Gala Desa," ungkap Kepala Biro Humas dan Hukum Kemenpora, Amar Ahmad di sela-sela gladi bersih. 
 
Lebih lanjut Amar mengungkapkan, Gala Desa digelar di sejumlah wilayah di Indonesia. "Ya, ada 136 titik kabupaten/kota di 34 provinsi, " tandas Amar. 
 
Nah,  untuk gelaran Gala Desa di Sulsel,  kata Amar,  akan dihelat di tujuh kabupaten dan kota.  "Selain di Bulukumba,  juga digelar di Bantaeng, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo dan Pinrang," katanya. 
 
Sementara itu,  Arifin Majid,  Asisten Deputi Olahraga Pendidikan, Deputi Pembudayaan Olahraga, Kemenpora menambahkan,  kick off Gala Desa di Bulukumba akan dilakukan oleh langsung Menpora Imam Nahrawi.  Karenanya,  lanjut Arifin,  akan dibuatkan acara khusus penyambutan terhadap Menpora. 
 
"Acara penyambutan Pak Menteri besok, menggunakan tarian tradisional. Yaitu,  tarian Ganrang Bulo," ungkap Arifin. 
 
Selain tarian penyambutan (Ganrang Bulo), ada beberapa tarian tradisional yang akan ditampilkan. Yakni,  tarian Mappatabe Ri Wanua yang diartikan sebagai permohonan kepada penguasa alam semesta untuk menyelenggarakan acara.
 
Kemudian ada tarian Mappasili yang dimaknai sebagai pensucian diri. Serta tarian pepe pepe yang menjadi simbol pembakar semangat anak muda.
 
Arifin juga mengungkapkan,  sekitar 10 ribu orang akan ikut ambil bagian dalam kick off Gala Desa, besok. "Di sini ada 10 kecamatan. Masing-masing kecamatan akan mengirimkan 1000 lebih warganya," pungkasnya.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats