Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 13 Mei 2017 00:26 WIB

Gowes Pesona Nusantara Hadirkan Pesan Moral Kebangsaan akan Tanah Air

Sabang, HanTer - Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017, gawean Kemenpora yang akan memulai aktivitas bersepeda menuju Magelang, Jawa Tengah, dengan melewati 84 Kabupaten/Kota, secara serempak dilakukan dari Sabang, Tarakan, Atambua dan Merauke pada Sabtu (13/5/2017), mengkampanyekan Ayo Olahraga, dengan mengajak masyarakat Indonesia untuk berolahraga.
 
Dari titik 0 KM Sabang, sebanyak 15 pesepeda akan membawa Tanah dan Air dari daerah paling barat Indonesia itu. Setiap kabupaten yang dilewatinya akan disambut oleh Bupati setempat hingga menuju Jawa Tengah yang bertepatan dengan HAORNAS 2017.
 
Tanah dan Air Nusantara yang dijadikan satu dalam sebuah cawan dari daerah yang dilewati akan dijadikan monumen dikawasan Gunung Tidar, Magelang, sehingga hal ini menjadi pesan moral kebangsaan yang sangat kuat melalui even Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 ini.
 
"Ditengah-tengah mulai tergerusnya kebhinekaan, olahraga bisa dijadikan wahana untuk membuat simbol-simbol kekuatan kesatuan negara Indonesia. Tanah dan Air dari daerah-daerah yang dilalaui akan menjadi monumen bernama Tanah Air Nusantara di gunung Tidar," ucap Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, Jumat (12/5/2017).
 
"Kegiatan ini juga kembali membangkitkan spirit kebangsaan cinta tanah air serta mengajak masyarakat luas untuk berolahraga dengan pola hidup sehat," sambung Isnanta.
 
Selain itu, Isnanta menambahkan bahwa melalui Gowes Pesona Nusantara ini, disamping mengajak masyarakat untuk berolahraga, kegiatan ini juga mengusung pesan budaya, wisata, ramah lingkungan, serta pesan hemat energi. "Pesan-pesan itu akan secara otomatis tersampaikan kepada masyarakat luas melalui kegiatan Gowes Pesona Nusantara ini," tambahnya.
 
"Pesan kekuatan kebangsaan juga hadir dalam perhelatan ini dengan bertumpah ruahnya masyarakat, berarti terjadi interaksi sosial, adanya komunikasi yang terjalin, sehingga terciptanya ketahanan sosial, oleh karena itu akan kembali menguatkan kebhinekaan yang sepertinya mulai luntur," jelas Isnanta.
 
Melalui Gowes Pesona Nusantara Olahraga ini menciptakan kebersamaan yang luar biasa dalam masyarakat yang majemuk.  


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats