Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 19 Juli 2018 21:57 WIB

Bulog Janji Serap Seluruh Gula Produksi Petani

Jakarta, HanTer - Perum Bulog menyatakan siap untuk menyerap gula petani dari tebu rakyat yang digiling perusahaan BUMN yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan harga Rp9.700 per kilogram (Kg).

Penyerapan ini dilakukan apabila harga gula di tingkat petani anjlok atau berada di bawah Rp9.700 per kg.

“Ini dalam rangka mengamankan harga gula lokal di tingkat petani dan harga ditingkat konsumen, serta penguatan stok gula nasional,” kata Sekretaris Perusahaan Perum Bulog, Siti Kuwati dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (19/7/2018).

Siti juga menerangkan upaya penyerapan gula petani ini sesuai penugasan yang diputuskan dalam Rapat Koordinasi Terbatas Tingkat Menteri Bidang Perekonomian pada Selasa (17/8/2018) lalu. Rapat itu sendiri, mengagendakan pembahasan kebijakan gula dan beras.

“Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi terbatas tersebut, Kementerian BUMN memerintahkan kepada Perum BULOG untuk segera melaksanakan penugasan Pemerintah untuk melakukan pembelian gula petani dengan harga netto sebesar Rp9.700,-/kg sampai dengan bulan April 2019,” ungkap dia.

Dalam rapat itu, Direktur Utama Bulog Budi Waseso menyatakan bahwa urusan pangan, khususnya sembilan pangan pokok dapat dikendalikan oleh Pemerintah melalui Perum Bulog. “Hal ini sejalan dengan harapan Presiden Jokwoi agar ketahanan dan kedaulatan pangan Indonesia dapat terjamin,” kata dia.

 

(Arbi)


comments powered by Disqus