Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 11 Februari 2018 07:27 WIB

Tingkatkan Kesehjateraan Alumni, KAUP Bentuk Koperasi BMB

Jakarta, HanTer - Koperasi Bersatu Maju Bersama yang dibentuk oleh Keluarga Alumni Universitas Pancasila (KAUP) menggelar Rapat Anggota Tahunan I (RAT) di Jakarta, Sabtu (10/2/2018). Rapat ini dihadiri 86 pendiri, pengurus, pengawas serta pembina KAUP.

Ketua Koperasi Bersatu Maju Bersama (BMB), Bambang Iman Santoso mengatakan, pihaknya menjalankan RAT I ini sesuai dengan amanah organisasi dengan agenda Rencana Kerja (Renja) Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPB) Laporan Alumni UP 2018-2020.

“Ini adalah RAT yang pertama sejak koperasi BMB berdiri akhir tahun 2017 lalu,” kata alumnus Jurusan Fakultas Teknik Elektro ini dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (11/2/2018).

Meski begitu, tambah Bambang, pihaknya bersama jajaran pengurus dan pengawas telah menyusun rencana bisnis dan anggaran untuk mendorong koperasi BMB segera beroperasi.

Sejumlah peluang bisnis yang akan dijalankan BMB adalah pemasaran unit apartemen, distributor bahan bangunan serta sejumlah bisnis potensial lainnya.

Mengingat koperasi BMB akan mengelola simpanan para alumni, pengurus berusaha untuk menjalankan amanah dengan sangat hari-hati. KAUP telah membentuk Dewan Pertimbangan Bisnis yang bertugas memberikan masukan dan saran terhadap setiap potensi bisnis yang diusulkan.

Oleh karenanya KAUP membatasi untuk masuk pada bisnis-bisnis baru yang berisiko tinggi. Koperasi BMB diharapkan mampu hadir untuk bisa menjadi harapan dalam turut mensejahterakan para alumni.

“Untuk itu, dengan jumlah alumni Universitas Pancasila yang mencapai 52 ribu lebih, pengurus dan pengawas Koperasi BMB akan bekerja semaksimal mungkin untuk mencari peluang dan potensi usaha yang bisa dikerjakan koperasi BMB,” jelasnya.

Baru didirikan akhir tahun 2017, Koperasi BMB saat ini telah dipercaya untuk memasarkan unit apartemen di proyek Female. Sejumlah event yang didukung oleh PP Kaup, akan diselenggarakan guna memasarkan unit apartemen dan mensosialisasikan kartu anggota KAUP dan Koperasi BMB yang diterbitkan Bank BNI.

“Dengan dukungan semua alumni serta almamater, kami yakin untuk bisa mengembangkan koperasi BMB," tegas Bambang.   

Sementara itu Ketua Umum KAUP Indra Utama mengatakan, RAT pertama ini beragendakan memperkenalkan jajaran pengurus, pengawas, pembina dan penasehat serta Dewan Pertimbangan Bisnis. Selain itu, guna membahas dan mengesahkan Anggaran Rumah Tangga.

"Rapat ini juga untuk mengesahkan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPBK) Tahun buku 2018, Koperasi BMB Keluarga Alumni UP," jelas dia.

Indra menambahkan, koperasi KAUP BMB digagas dan dipelopori oleh alumni yang tergabung dalam PP KAUP. Berawal dari keprihatinan pengurus KAUP terhadap minimnya anggaran dalam menjalankan organisasi alumni, maka dibutuhkan adanya upaya dan usaha yang bisa menghasilkan pendapatan.

"Secara perlahan, dengan  segala keterbatasan,  pengurus telah bekerja keras berusaha memperbaiki system, manajemen usaha, administrasi umum, administrasi keuangan dan modal, agar Kop KAUP BMB mampu berusaha untuk mensejahterakan anggotanya," jelas dia.

Sebelumnya PP KAUP juga telah melakukan MOU dengan PP Properti untuk memasarkan unit apartemen evincio dengan kompensasi tambahan pemakaian brand Menara KAUP atau KAUP Tower di salah satu gedung proyek mereka.

(Safari)


comments powered by Disqus