Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 08 September 2018 22:48 WIB

Perayaan Haornas 2018 Janjikan Kemegahan dan Sarat Budaya

Ternate, HanTer - Kemegahan dan rasa nasionalisme yang kental akan tersaji dalam acara puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 yang berlangsung di Gelora Kie Raha, Ternate, Maluku Utara, Minggu (9/9/2018) mendatang.
 
Setidaknya hal tersebut terlihat saat gladi bersih di Gelora Kieraha, Ternate, Maluku Utara, Sabtu (8/9/2018) yang melibatkan setidaknya 800 penari, 100 orang paduan suara, 100 orang pembawa bendera Merah-Putih, 45 paskibraka Ternate dan pengisi acara lainnya.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh sutradara acara Ibrahim Yulianto dalam acara gladi bersih yang berlangsung Sabtu (8/9/2018) malam. "Nanti para undangan akan disuguhkan tontonan yang sarat budaya. Ada 12000 siswa yang berasal dari SMP dan sanggar yang akan menarikan tarian sakral milik masyarakat Ternate," ucap pria yang disapa Mas Anto itu.
 
Tarian yang akan disajikan nanti akan berbeda dari yang selama ini dipertontonkan. "Kami memadukannya dengan musik kontemporer. Ternyata dengan sentuhan musik kontemporer membuat anak-anak senang dan bersemangat," katanya.
 
Tarian soya-soya hanya salah atraksi budaya yang akan ditampilkan.  Sementara dari daftar acara diperoleh informasi sejumlah pejabat dipastikan akan hadir.
 
Selain Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi si empunya hajat, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba akan menerima kehadiran Bupati dan Walikota dari beberapa daerah di Indonesia. Kehadiran para pejabat daerah ini untuk menerima penhargaan dari Kemenpora.
 
Dibandingkan dengan perayaan Haornas tahun sebelumnya, perayaan kali ini terbilang istimewa. Pasalnya selain Indonesia baru saja sukses menggelar dan berprestasi di Asian Games 2018, pada Oktober nanti Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018.
 
Terkait dengan Asian Para Games 2018, di perayaan puncak Haornas 2018 pula semangat pesta olahraga khusus difabel akan dikobarkan. Nantinya api obor Asian Para Games 2018 akan dinyalakan dengan sebuah prosesi.
 
Begitu api memasuki Gelora Keihara, iringan bendera merah dan nyanyian lagu Maluku Keiraha. Seisi stadion nantinya akan bernyanyi tak terkecuali para undangan VIP karena panitia akan menyediakan teks lagu.
 
Dan untuk menambah kemeriahan, artis Ibu Kota seperti Cakr Khan, Yopie Latul serta Seventeen Ban akan tampil. Deputi 3