Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 05 September 2018 21:18 WIB

Pawai Obor Nyalakan Gelora Asian Para Games 2018

Solo, HanTer - Pawai obor yang berlangsung di kota Solo, Jawa Tengah, menandakan dimulainya gelora Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta, 6-13 Oktober mendatang.

Dimana Solo yang menjadi ikon kota ramah disabilitas berkesempatan untuk menghelat kegiatan pawai obor sebagai bentuk dimulainya kemeriahan pesta olahraga disabilitas tingkat Asia.

"Hari ini kita sedang membuat sesuatu yang bersejarah bagi Indonesia. Diawali dari Surakarta," kata Raja Sapta Oktohari selaku ketua INAPGOC di kantor Balai Kota Solo, Rabu (5/9/2018).

"Kegiatan pertama mengambil api di mrapen dan di arak di kota surakarta. Saya ingin mengajak untuk menggelorakan semangat disabilitas," sambung dia.

Sejatinya pawai obor Asian Para Games resmi dimulai 9 September mendatang di Ternate, Maluku Utara sekaligus memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang ke-35.

Namun sebelum terbang menuju ternate, ada sebuah ritual pengambilan api abadi dari Mrapen, Jawa Tengah untuk di arak ke Ternate dan enam kota besar lain di Indonesia.

Setelah prosesi tersebut, api yang menyala didalam lentera diarak keliling Solo oleh rombongan INAPGOC beserta Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

Api yang berada di dalam lentera kemudian di parkir sehari sebelum diterbangkan menuju Ternate sebagai titik awal dimulainya Pawai Obor Asian Para Games 2018. 


(Eka )



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats