Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 29 Juli 2018 15:15 WIB

Rute Sepeda Nusantara Etape Medan Lalui Bangunan Bersejarah

Medan, HanTer - Sepeda Nusantara edisi Medan yang digelar Minggu (29/7/2018), melewati bangunan-bangunan bersejarah seperti halnya bangunan Chong A Fie (bangunan Cina lama). Bangunan itu sendiri dibangun oleh Tjong A Fie. Ia berhasil menjadi pengusaha besar di Medan dan menguasai hampir seluruh perkebunan di Medan, ini bisa di raih karena kecerdasan dan kedekatan dengan Sultan Deli pada saat itu, dan akhirnya diangkat menjadi ketua komunitas Tiongkok di Medan.
 
Berkat kesuksesan tersebut Tjong A Fie membangun sebuah rumah yang sangat megah dengan gaya Tiongkok-Eropa, rumah tersebut selesai pada Tahun 1900.
 
Selain itu peserta juga melewati Istana Maimun yang merupakan istana Kesultanan Deli, salahsatu ikon kota Medan. Didesain oleh arsitek Italia dan dibangun oleh Sultan Deli, Sultan Mahmud Al Rasyid.
 
Selajutnya yang juga dilewati peserta adalah Mesjid Raya Medan Al Mashun yang bergaya arsitektur khas Timur Tengah, India dan Spanyol. Mesjid Raya Medan ini merupakan saksi sejarah kehebatan Suku Melayu sang pemilik dari Kesultanan Deli.
 
Rute yang dilalui para pesepeda secara keseluruhan yaitu start di Jalan Pulau Penang dan menuju Jalan Balai Kota mengarah ke Jalan Guru Patimpus kemudian masuk ke Jalan Gatot Subroto. Dari Gatot Subroto peserta mengarah ke Jalan Iskandar Muda menuju Jalan Gajah Mada. Selanjutnya masuk ke Jalan S. Parman mengarah ke Jalan Pattimura dan menuju Mongonsidi. Dari Jalan Mongonsidi peserta melalui Jalan Juanda dan mengarah Jalan Katamso menuju Jalan Pemuda serta Jalan Ahmad Yani, dan kembali ke Jalan Balai Kota memutari Jalan Bukit Barisan dan Stasiun, kemudian Finish di Jalan Penang.
 
Start dilakukan oleh Walikota Medan Drs. H.T. Dzulmi Eldin S., M.Si, bertempat di Lapangan Merdeka, Medan. Turut mendampingi adalah Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Drs. Imam Gunawan, M.AP. mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Kapolresta Medan Kombes Pol Dr. Dadang Hartanto, Kepala BNN Prov Sumut, Brigjen Pol Drs. Marsauli Siregar, S.H, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan Drs. Marah Husin.
 
Sebelum bersepeda, peserta yang tercatat hampir 2000 orang itu terlebih dulu melakukan senam Ayo Olahraga bersama, sebagai pemanasan.
 
Dalam sambutannya, Imam Gunawan mengatakan melalui Sepeda Nusantara, pemerintah dalam hal ini Kemenpora ingin menggelorakan masyarakat nasional dalam menyongsong penyelenggaraan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018.
 
"Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, dibawah pimpinan Imam Nahrawi, terus menggelorakan, mengajak, menggerakkan dan memotivasi masyakarat untuk melakukan gaya hidup sehat serta mengajak masyarakat membudayakan olahraga melalui sepeda, seperti yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo," ungkap Imam Gunawan dengan semangat menyala-nyala.
 
“Bersepeda adalah ciri khas masyakarat Indonesia. Bersepeda juga membuat masyarakat akan lebih mudah saling bertegur sapa, menunjukkan sebagai makhluk sosial," sambung Imam Gunawan.
 
Sacara terpisah, Walikota Medan mengutarakan menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Medan menjadi tuan rumah Sepeda Nusantara Tahun 2018. "Yang tidak kalah penting adalah menggerakkan ekonomi kerakyatan serta menumbuhkan multiplayer efek di bidang ekonomi, wisata, seni dan budaya," ungkap Walikota Medan Drs. H.T. Dzulmi Eldin S., M.S.
 
Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan Dr. H. A’zam Nasution, M.AP, Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga pada Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi dr. I Nyoman Winata, Sp.Ko, Kepala Bidang Pengelolaan Olahraga Petualang, Tantangan dan Wisata pada Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Arief Nurbani Siswoyo, S.Pd, M.Si.


(Eka)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats