Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 11 Juli 2018 01:38 WIB

MoU Tiga Pilar, Selaraskan Pendidikan Akademik dengan Prestasi Olahraga

Cirebon, HanTer - Kota Cirebon pada Selasa (10/7/2018) sore, melakukan MoU Tiga Pilar, dengan membuka kelas olahraga berlevel nasional untuk menghadirkan prestasi sepakbola yang dimulai dari usia muda, yakni SMP kelas 1.MoU tersebut antara lain dilakukan oleh SMPN 4 Cirebon, Bina Sentra Akademi dan Dinas Pendidikan Cirebon.
 
Ketua Umum Bina Sentra Akademi, Subagja Suihan mengatakan bahwa penandatangan MoU ini bertujuan untuk mendidik anak-anak yang memiliki potensi dalam mengembangkan aset nasional kedepannya, dalam hal ini sepakbola. Tercatat, dari MoU tersebut, telah menghadirkan setidaknya 14 anak didik yang siap menimba ilmu akademik di SMPN 4 Cirebon melalui jalur prestasi.
 
Meskipun sekolah tersebut berada di kota Cirebon, namun para atlet berasal dari berbagai daerah, seperti Papua, Medan, Jakarta dan sebagainya. "Munculnya ide kerjasama ini semata-mata adanya kepedulian untuk mendidik adik-adik secara akademis, disamping berlatih sepakbola sesuai dengan bakat yang dimilikinya untuk kepentingan bangsa dan negara kedepannya," ungkap Bagja.
 
Ia menambahkan, jika hal serupa juga pernah dilakukan sebelumnya sehingga menghadirkan pemain sepakbola handal yang dimiliki bangsa ini seperti Firman Utina dan Egy Maulana Vikri. "Dulu, saya mendidik Firman Utina saat ia berusia 12 tahun dan akhirnya pernah menjadi bagian penting dalam Timnas sepakbola Indonesia yakni menjadi kapten tim, sehingga yang awalnya dari individu yang memiliki keterbatasan, mampu mengangkat derajat orangtuanya, mengangkat derajat nama sekolah dan bisa bersumbangsih kepada bangsa dan negara. Hal serupa yang kini hadapi oleh Egy Maulana Vikri," tambahnya.
 
Kepala Sekolah SMPN 4 Cirebon, Hj. Sumiyati menyambut baik kerjasama ini. Setelah melakukan seleksi di Bapopsi, ia mengatakan jika anak-anak ini memiliki kemampuan yang sangat mumpuni di sektor olahraga, yakni sepakbola, namun dengan tidak meninggalkan ilmu akademis.
 
"Selamat menjadi bagian dari anak didik SMPN 4 Cirebon. Semoga kedepannya mampu membawa nama baik SMPN 4, membawa nama baik negara dipentas internasional dalam berprestasi dibidang olahraga yang diiringi dengan ilmu pendidikan disekolah," ucap Sumiyati yang mengatakan jika disekolahnya memang menyediakan kelas olahraga, seperti dikelas tujuh dan delapan.
 
Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, H. Jajat Sulaiman mengatakan dengan berlangsungnya MoU ini menjadi berkah dari Kota Cirebon.
 
"Saya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh SMPN 4 Kota Cirebon dengan melakukan kerjasama ini, karena hal tersebut nantinya akan mendatangkan prestasi dibidang olahraga untuk kota Cirebon dari talenta yang dimiliki oleh anak-anak didik asal Binda Sentra Akademi, bahkan salahsatu dari mereka ada yang hafiz Quran 30 Juz, sehingga itu menjadi tambahan kekayaan prestasi bagi sekolah ini, khususnya keberkahan bagi Kota Cirebon," ucap Jajat Sulaiman.
 
"Ternyata anak-anak kita ini memiliki potensi-potensi yang terkadang tidak naik kepermukaan, sehingga ini menjadi tugas sekolah, di mana sekolah itu harus hadir untuk bagaimana mengembangkan potensi peserta didik, karena tujuan kita adalah mengangkat dan mengembangkan potensi mereka," sambungnya.
 
Disisi lain, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Dr. Raden Isnanta M.Pd yang juga merupakan pembina Bina Sentra Akademi mengatakan ini merupakan upaya menyatukan puzle-puzle kehidupan, di mana sektor pendidikan dan olahraga tidak dapat dipisahkan dan harus berjalan seiringan.
 
"Kepala sekolah menyambut baik, karena ini menjadi branding sekolah yang positif seiring dengan keinginan sekolah di mana siswanya harus berprestasi baik dibidan akademis maupun di bidang olahraga. Bahkan Kepala Dinas Pendidikan Cirebon juga senada, bangga dan mengapresiasi langkah ini, karena makin menguatkan sekolah itu sendiri, namun disisi lain menguatkan kota Cirebon disektor olahraga," ucap Raden Isnanta.
 
Isnanta pun mengatakan, sebelum bergabung ke SMPN 4 Cirebon, beberapa agenda internasional telah disiapkan, sehingga benar-benar atlet ini siap kepentas internasional, seperti ke Singa Cup, bahkan mengikuti kompetisi Danone yang sudah masuk seri Nasional, untuk menjadi wakil Indonesia tampil di kejuaraan dunia di Rusia mendatang.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats