Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 24 Juni 2018 03:48 WIB

Tendangan "Pisang" Toni Kroos Bawa Jerman Tundukan Swedia 2-1

Sochi, HanTer - Toni Kroos menjadi pahlawan kemenangan Jerman atas Swedia dengan skor akhir 2-1 dalam laga kedua babak penyisihan Grup F Pildun 2018 Rusia saat berlangsung di Stadion Fisht Olympic, Minggu (24/6/2018) dini hari WIB.
 
Gol "telat" pemain Real Madrid itu diciptakan melalui skema tendangan bebas, pada menit ke-90 + 5, setelah mendapatkan umpan balik pendek dari Marco Reus.
 
Tendangan "pisang" melengkungnya yang keras dari luar kotak penalti akhirnya tak bisa diantisipasi kiper Swedia Robin Olsen yang tampil prima disepanjang laga.
 
Sebelumnya, Swedia terlebih dahulu unggul melalui gol indah Ola Toivonen yang mampu memperdayai kiper Manuel Neur pada menit ke-32 dengan mencongkel si kulit bundar, sehingga kiper Bayern Munchen itu tak kuasa menggapai bola di udara.
 
Namun, kedudukan berhasil disamakan oleh Marco Reus pada menit ke-48 usai memanfaatkan umpan dari Mario Gomez. Meski dijaga ketat, sepakan kaki kiri striker asal Borussia Dortmund itu gagal di blok oleh Robin Olsen.
 
Ini menjadi kemenangan pertama Jerman yang menyandang titel sebagai juara bertahan dalam turnamen dunia empat tahunan di Rusia ini, setelah di laga pembuka Grup F, kalah dari Meksiko dengan skor tipis 0-1, saat berlangsung di Luzhniki Stadium pada 17 Juni lalu.
 
Jerman yang kini berada diposisi kedua klasemen sementara tepat dibawah Meksiko, membuka peluangnya untuk melangkah kebabak selanjutnya dengan menyisakan satu laga pemungkas melawan Korea Selatan yang diatas kertas sudah angkat koper lantaran mengantongi dua kali kekalahan.
 
Sama halnya dengan Swedia. Tim racikan Janne Andersson itu juga masih memiliki peluang untuk berlaga di fase gugur, namun dengan catatan mampu meraih poin penuh saat meladeni Meksiko dilaga pamungkas yang berlangsung di Ekaterinburg Arena pada 27 Juni mendatang dan hasil Jerman maskimal bermain imbang saat meladeni Korea Selatan.
 
Seperti dilaga pertamanya, Jerman kerap menekan sejak awal laga, namun penyelesaian yang buruk membuatnya gagal mengonversinya menjadi banyak gol.
 
Menurut statistik, dengan penguasaan bola hingga 71 persen, Jerman memiliki kesempatan membuat gol sebanyak 16 kali, di mana dari enam tembakannya yang mengarah kegawang dua menjadi gol, empat tendangan melenceng dari target dan tujuh tembakannya mampu di blok kiper Swedia.
 
Seperti halnya pada menit ke-87, Robin Olsen sukses melakukan sebuah penyelamatan yang luar biasa untuk menggagalkan sundulan Mario Gomez didepan gawang setelah memanfaatkan umpan crossing dari sisi lapangan, tepisan kiper  F.C. Copenhagen itu hanya menjadikan tendangan sudut bagi Jerman.
 
Bahkan empat menit kemudian, Jerman kembali meneror. Julian Brandt yang menerima operan manis di batas kotak penalti dan dilanjutkannya dengan sebuah tembakan keras ke arah gawang, namun sayang tembakannya masih membentur tiang kanan gawang.
 
Pelatih Swedia Janne Andersson pasca laga mengatakan bahwa skuadnya tidak menciptakan banyak peluang bagus, namun para pemainnya melakukan beberapa penyelamatan yang sangat baik. "Saya merasa sial tidak mendapatkan setidaknya satu poin," ungkap Janne Andersson.
 
"Kami memiliki kesempatan aneh tetapi kami menjaga pertandingan di bawah kontrol sampai tendangan bebas. Itu adalah gol individu yang luar biasa. Kami harus bekerja sangat keras sepanjang laga dan begitu Anda sampai ke menit ke-85 Anda sangat lelah," tambahnya.
 
"Tapi saya tidak menyalahkan siapa pun atau keputusan taktis. Ini mungkin adalah kesimpulan paling berat untuk pertandingan yang saya miliki dalam karir saya, tetapi kami masih memiliki kesempatan berlaga di babak selanjutnya melalui pertandingan selanjutnya di penyisihan," pungkasnya.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats