Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 14 Juni 2018 02:40 WIB

AS, Meksiko dan Kanada Menangi Bidding Tuan Rumah Piala Dunia 2026

Moskow, HanTer - Untuk pertama kalinya, Piala Dunia 2026 akan berlangsung di tiga negara. Mereka adalah Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada, yang akan membawa turnamen ke Amerika Utara untuk pertama kalinya sejak 1994, dengan mayoritas pertandingan, termasuk final di Amerika Serikat.
 
Kepastian tiga negara itu menggelar pesta sepakbola sejagad pasca melalui pemungutan suara dalam kongres FIFA yang berlangsung di Moskow, Rabu (13/6/2018) waktu setempat dengan mengalahkan pesaingnya Maroko dengan total suara 134-65.
 
Para pemilih dibujuk oleh janji-janji lebih spektakulernya perhelatan melalui banyaknya orang yang menyaksikan, mencatat pendapatan dan mungkin yang terpenting, mendapatkan $ 11 miliar laba untuk FIFA, badan sepak bola dunia.
 
Carlos Cordeiro, presiden Sepakbola AS, menghapus air mata sebelum membuat pidato singkat, di mana dengan suaranya yang gemetar, dia berterima kasih kepada keanggotaan FIFA untuk "hak istimewa luar biasa" dari penyelenggaraan acara olahraga yang paling banyak ditonton.
 
"Ini adalah momen yang sangat emosional bagi semua orang," kata Cordeiro, mengingat kehancuran yang ia rasakan pada 2010 ketika Amerika Serikat gagal mengamankan hak untuk menggelar Piala Dunia 2022, yang akhirnya pergi ke Qatar setelah pemungutan suara yang banyak mendapatkan dikritikan.
 
Piala Dunia 2026 akan menjadi salah satu yang pertama diselenggarakan oleh tiga negara, pertama kalinya akan memiliki format 48 tim, naik dari sebelumnya yang hanya 32 tim, dan itu adalah pertama kalinya pemungutan suara diputuskan oleh seluruh keanggotaan FIFA. 
 
Dari 80 pertandingan turnamen, 10 akan berada di Kanada, 10 di Meksiko dan 60 di Amerika Serikat, termasuk laga final yang berlangsung di Stadion MetLife di pinggiran Kota New York City East Rutherford, NJ.
 
Terakhir kali Piala Dunia sepakbola untuk pria ini diadakan di Amerika Utara, dalam hal ini ketika Amerika Serikat menjadi tuan rumah pada tahun 1994. Namun sebelumnya dua kali berlangsung di Meksiko pada tahun 1970 dan 1986, sedangkan Kanada sebelumnya tidak pernah menjadi tuan rumah.
 
Federasi Amerika menghabiskan lebih dari $ 6 juta - dari anggaran gabungan sekitar $ 8 juta - untuk membawa Piala Dunia kembali ke Amerika Utara, puncaknya sebuah ide yang digerakkan di sebuah restoran di Vancouver tujuh tahun lalu, menurut Victor Montagliani, kepala Concacaf, badan pemerintahan regional.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats