Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 08 Juni 2018 20:10 WIB

Menpora Temui Ketua MUI Minta Dukungan Doa Untuk Sukses Asian Games dan Asian Para Games 2018

Jakarta, HanTer - Pada 70 hari jelang pelaksanaan Asian Games 2018 dan jelang pelaksanaan cuti bersama menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi menemui Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, KH. Maruf Amin untuk menyampaikan permohonan secara resmi dukungan dan doa dari pemuka agama demi sukses penyelenggaraan pesta olahraga terbesar bangsa-bangsa di Asia yang akan berlangsung pada Agustus mendatang.
 
Kedatangan Menpora diterima langsung Ketua Umum MUI, KH Maruf Amin, di Kantor Pusat MUI, Jl. Proklamasi No.51 Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/6/2018) sore. “Saya ingin MUI membantu kita membuat surat edaran kepada ulama-ulama di Indonesia untuk ikut menyisipkan doa bagi kesuksesan Indonesia di Asian Games dan Asian Para Games 2018, pada saat Khotbah Idul Fitri, Shalat Jumat, dan ceramah-ceramah keagamaan yang dilakukan tidak hanya jelang Asian Games 2018 tapi juga Asian Para Games 2018 (Pesta Olahraga Bagi Penyandang Disabilitas se-Asia)," ucap Menpora Imam Nahrawi.
 
"Doa dan dukungan tersebut kita harapkan bisa membuat kedua event ini berlangsung sukses, terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan, serta memungkinkan kontingen Indonesia berprestasi tinggi dan bermanfaat bagi seluruh bangsa Indonesia,” jelas Menpora mengutarakan harapannya saat diterima oleh KH. Maruf Amin.
 
Dalam permohonan resminya, Menpora mengatakan, saat ini telah memasuki masa-masa akhir dari sisi penyelenggaraan maupun persiapan prestasi atlet, untuk itu dukungan dari semua pihak diperlukan untuk kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah.
 
“Tentu setelah ikhtiar kita telah lakukan, venue kita bangun, infrastruktur kita perbaiki, pelatnas atlet kita kawal, try out dan uji coba kita lakukan untuk peningkatan kemampuan atlet, maka saatnya kita berserah diri kepada Allah SWT, sambil terus berdoa, dan doa dari para ulama sudah barang tentu akan menguatkan semua ikhtiar yang telah kita lakukan itu," tambah Menteri asal Bangkalan, Madura itu.
 
Ia mengatakan permohonan doa dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia yang diserukan melalui para pemuka agama, akan dilakukannya melalui seluruh lembaga yang menaungi para pemuka agama seperti  Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Perwakilan Umat Budha Indonesia (WALUBI) dan Parisada Hindu Dharma Indonesia  (PHDI), serta lembaga keagamaan lain di Indonesia.
 
Sementara itu, KH Maruf Amin menyambut baik keinginan Menpora dan mengatakan MUI sebagai Lembaga yang mewadahi ulama dan cendekiawan Islam untuk membimbing, membina dan mengayomi umat Islam di Indonesia, akan segera membuat surat edaran yang menghimbau ulama-ulama untuk ikut menyisipkan doa dalam setiap ceramah keagamaan yang dilakukan untuk kesuksesan Indonesia dalam Asian Games maupun Asian Para Games 2018 nanti. 
 
“Kami sangat setuju dengan ide ini, dan akan segera membuat surat edarannya. Saya pun ingin event ini bisa menjadi alat pemersatu segala perbedaan diantara kita dan menjadi pemersatu bangsa-bangsa di Asia,” ucap Kyai Maruf yang juga berharap event olahraga terbesar bangsa-bangsa di Asia ini bisa menjadi pemersatu bangsa-bangsa di Asia.
 
Asian Games tersebut akan berlangsung pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018, sementara penyelenggaraan Asian Para Games 2018 berlangsung pada tanggal 6 sampai dengan 13 Oktober 2018. 
 
Terdapat 4 sukses yang dicanangkan oleh pemerintah, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi dan sukses pemberdayaan ekonomi. Dari sisi prestasi, pemerintah sendiri telah mencanangkan target untuk masuk dalam urutan 10 besar dan menjadikan Asian Games dan Asian Para Games 2018 sebagai momentum kebangkitan kembali kejayaan Indonesia di dunia olahraga. 


(Hermansyah )



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats