Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 02 Mei 2018 01:33 WIB

Menpora: LIPESIA Diperluas Demi Lahirnya Pemain Berkualitas untuk Timnas

Jakarta, HanTer - Kesebelasan Thiess Kalimantan Timur tampil sebagai juara dalam ajang Liga Pekerja Indonesia (Lipesia) 2018, pasca menundukkan PDAM Polewali Mandar (Polman) dari Sulawesi Barat dengan skor 3-0, ketika berlangsung di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Selasa (1/5/2018).
 
Sebagai juara Lipesia 2018 yang bertepatan dengan puncak perayaan Hari Buruh Internasional (May Day), Thiess Kalimantan Timur berhak atas trofi dan uang pembinaan sebesar Rp200 juta. Sementara PDAM Polman meraih uang pembinaan sebesar Rp150 juta. Sedangkan peringkat tiga bersama yakni PLN Bangka Belitung dan Jayatama mendapatkan total uang pembinaan sebesar Rp100 juta.
 
Selain tim juara, Lipesia juga memberikan penghargaan individu yang masing-masing memperoleh hadiah sebesar Rp10 juta. Seperti halnya  pemain terbaik yang diraih oleh Robert Amir dari tim PT Thiess Kalimantan Timur. Pencetak gol terbanyak yakni Indra dari tim PLN Bangka Belitung dengan lima gol. Penjaga gawang terbaik adalah Abdul Gafur dari tim PDAM Polman. Sedangkan predikat tim paling "fair play" jatuh kepada PLN Bangka Belitung yang berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp10 juta.
 
Lipesia 2018 sendiri digelar oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang sejatinya mendapat dukungan dari Kemenpora. Turnamen ini dimulai pada 17 Desember 2017 dan diikuti 219 tim dari 29 provinsi di Indonesia dengan mengacu pada Regulasi pertandingan FIFA dan PSSI. 
 
Zona Provinsi diikuti 219 tim dari 29 Provinsi; zona regional diikuti 29 tim pemenang zona Provinsi yang dikelompokkan dalam delapan wilayah dan babak delapan besar nasional diikuti oleh pemenang zona regional, di mana tujuan pelaksanaan Lipesia adalah demi terjalinnya kebersamaan karyawan antar-perusahaan dan serikat pekerja di seluruh Indonesia.
 
Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri menjelaskan maksud pergelaran Lipesia adalah pertama untuk memperkuat kebersamaan, persaudaraan, jiwa kebangsaan, alat pemersatu bangsa, memperkuat ke Bhinnekaan dan meningkatkan ketahanan sosial khususnya bagi pekerja/buruh. Kedua, meningkatan produktivitas kerja dengan pola hidup sehat melalui olah raga khususnya sepakbola.
 
"Melalui Lipesia ini diharapkan menjadi inspirasi model pelaksanaan perayaan May Day bagi pekerja/buruh dan masyarakat Indonesia," kata Menteri Hanif jelang melakukan tendangan pertama (kick off) final Liga Pekerja Indonesia (Lipesia) 2018. 
 
Selain itu, diharapkan penyelenggaraan Lipesia bisa menghasilkan bibit-bibit pesepak bola yang kelak bisa menghuni tim nasional sepak bola Indonesia. Melalui Lipesia, Kemnaker berhasrat membangkitkan kembali semangat Liga Sepak Bola Karyawan (Galakarya) yang dilaksanakan pada akhir 1970-an sampai 1980-an, di mana ketika itu, Galakarya cukup populer di kalangan perusahaan dan sempat menelurkan beberapa pemain tim nasional.
 
Sementara itu, melalui akun instagramnya, Menpora Imam Nahrawi mengucapkan selamat dan sukses untuk Lipesia 2018 yang digelar oleh Kementerian Ketenagakerjaan. "Selamat dan Sukses untuk LIPESIA 2018 yang digelar pak @hanifdhakiri @kemnaker bertepatan dengan Hari Buruh bertajuk MAYDAY IS FUN DAY," tulis Menpora Imam Nahrawi. 
 
Menteri asal Bangkalan, Madura itu menginginkan jika kedepannya Lipesia diperluas demi lahirnya pemain-pemain berkualitas tim nasional. "Banyak pesepak bola muncul dari kompetisi ini. Jadi saya rasa harus dilaksanakan secara terus menerus dan diperluas lagi," ungkapnya.
 
Sebagai bentuk dukungan agar kompetisi itu terus bergulir, Menteri yang akrab disapa Cak Imam itu menyebut jika pihaknya yakni Kemenpora siap memberikan bantuan yang diperlukan serta menekankan jika Lipesia itu tak berhenti di edisi 2018 ini. "Kami akan terus memberikan dukungan agar prestasi Lipesia semakin baik," pungkas Cak Imam. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats