Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 11 Februari 2018 20:36 WIB

Maria Londa Berjanji akan Melompat Lebih Jauh di Games Time

Jakarta, HanTer - Maria Londa yang merupakan salahsatu atlet andalan Indonesia untuk meraih medali di ajang Asian Games 2018, sukses mengoleksi emas di ajang Test Event Asian Games 2018 cabang olahraga atletik nomor lompat jauh saat berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (11/2/2018).
 
Emas yang dikalungkan ke leher gadis asal Bali itu setelah mencatat lompat terjatuh 6,43 meter dengan mengalahkan pesaingnya dari India atas nama Neena Varakil dengan lompatan sejauh 6,42 meter dan James Nayana yang mengoleksi lompatan sejauh 6,16 meter.
 
Dari lompatan sejauh 6,43 meter itu, Londa mengaku bahwa baru mengeluarkan kemampuan sekitar 60 persen untuk mengurangi resiko cedera, terlebih pada event ini dia tampil tanpa terbebani.
 
"Sebenarnya menghadapi test event ini saya anggap masih seperti persiapan umum saja guna kurangi resiko cedera dan hasil ini masih sekitar 60 persen, di mana saya lebih fokus terhadap awalan baru saya, karena dengan dua negara peserta bisa hingga enam kali lompatan ditampah saya tampil tanpa beban, enjoy sehingga dapat membukukan lompatan yang memuaskan saya," ucap Londa pasca laga.
 
Pada games time nanti, Londa berjanji akan melakukan lompatan yang lebih jauh lagi dari yang dibukukannya saat ini. "Saat saya meraih emas Asian Games 2014 Incheon lalu, saya mencatat lompatan sejauh 6,55 meter, akan tetapi lompatan terjatuh saya adalah saat tampil di SEA Games 2015 Singapura yakni  6,70 meter.  Dan dari hasil itu semua saya ingin melompat lebih jauh lagi pada saat Asian Games 2018 bergulir," janjinya.
 
Saingan terberat Londa di Asian Games 2018 nanti akan datang dari Cina, Jepang, Filipina dan Korea, di mana lompatan mereka hampir mencapai kejauhan tujuh meter. Namun itu tak menyurutkan semangat Londa yang akan kembali memberikan emas kepada Merah-Putih. "Di pertandingan nanti semua bisa terjadi, karena banyak faktor yang akan berpengaruh," ucap Londa. 
 
Ini merupakan penampilan perdana Londa di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Ia menilai bahwa lintasan atletik masih memiliki permasalahan. "Saya rasakan masih ada masalah khususnya untuk di lintasan, lompat jangkit agak sulit karena lintasan menurun," koreksi Londa terhadap venue yang akan digunakan nanti pada saat ajang Asian Games 2018.  
 
Disisi lain, Londa juga menginginkan jika atlet junior dapat lebih banyak kesempatan untuk tampil di Asian Games. "Kesempatan langka bagi kita untuk jadi tuan rumah Asian Games, namun jika hanya 16 atlet yang akan tampil pada ajang ini saya rasa masih sangat kurang," paparnya. 
 
Hal trseebut juga diungkapkan Ketua Umum PB. PASI Bob Hasan yang meminta kepada pemerintah untuk menambah atlet yang akan tampil di Asian Games 2018 nanti.  "Kita butuh pelapis, mulai dari remaja, pra Junior dan Junior," ungkapnya. 


(Hermansyah )



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats