Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 02 Desember 2017 15:36 WIB

Tour de Menoreh Perkenalkan Wisata Kulon Progo

Kulon Progo, HanTer - Mengambil start di alun-alun kota Wates, Deputi Pembudayaan Olahraga Dr. Raden Isnanta M.Pd yang didampingi oleh Asdep Sentra Olahraga Teguh Raharjo bersama Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG dan Wakil Bupati Drs. H. Sutedjo melepas romobongan sepeda Tour de Menoreh 100 kilometer dan Fun Bike 10 kilometer, Sabtu (2/12/2017).
 
Event yang digelar pasca hajatan nasional Gowes Pesona Nusantara ini lebih menitikberatkan pada gerakan bersepeda sambil memperkenalkan titik-titik distinasi wisata yang sedang dikembangkan di Kabupaten Kulon Progo.
 
Uniknya dalam perhelatan ini, peserta dibatasi hanya sebanyak 400 orang yang memang terlatih lantaran harus menempuh jarak cukup panjang yakni 100 km dengan medan jalan yang naik turun cukup tajam karena memang itulah keindahan dan pesonanya pegunungan Menoreh, di mana peserta berasal dari berbagai kota/kab di Jogja, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
 
Dengan kemasan sport tourism, Tour de Menoreh ini melewati berbagai titik wisata seperti pantai Glagah, waduk Sermo, gua Pindul, Congot dan kawasan wisata lainnya yang dimiliki oleh Kulon Progo, sehingga peserta akan disuguhi panorama yang mempesonadari setiap sudut daerah di Kabupaten Kulon Progo ini.
 
Melalui inisiatif Kabupaten Kulon Progo atas gelaran ini, Deputi Pembudayaan Olahraga Dr. Raden Isnanta M.Pd sangat mengapresiasi, menurutnya Kabupaten yang telah berusia 66 tahun tersebut sangat serius menggeliatkan gerakan bersepeda.
 
"Kemenpora sangat apresiasi dengan langkah yang dilakukan pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan terus menggeliatkan gerakan sepeda pasca bergulirnya perhelatan Gowes Pesona Nusantara beberapa waktu lalu, terlebih dengan mengusung konsep sport tourism," tutur Deputi Pembudayaan Olahraga Dr. Raden Isnanta M.Pd.
 
Pihaknya berharap, Kabupaten/Kota lainnya juga mampu menggelar event yang sama untuk terus mengeksplor kekuatan pariwisata didaerahnya masing-masing. "Sinergitas antara dinas Dikpora dengan dinas Pariwisata harus terus dikuatkan, untuk lebih memunculkan potensi wisata daerah masing-masing, pasti memiliki ciri khas dan keunikan yang berbeda," tambahnya.
 
Hal senada juga diungkapkan oleh Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo. Ia menuturkan bahwa ajang ini akan sangat membantu pemkab dalam rangka memelihara semangat "Ayo Olahraga" yang diinisiasi oleh Kemenpora dan sekaligus mempromosikan objek wisata didaerahnya.
 
"Kami berharap peserta Tour de Menoreh dapat menikmati kegiatan ini, bahkan juga berharap jumlah wisatawan yang datang ke Kulon Progo akan makin meningkat dan objek wisata disetiap sudut Kulon Progo semakin dikenal oleh semua orang di manapun," ungkap Hasto.
 
“Kita juga berharap di perjalanan ini bisa memunculkan ide kreatif upaya mengembangkan suatu usaha di beberapa lokasi tersebut,” pungkas Hasto seraya menginformasikan ke masyarakat, bahwa tidak semua wilayah Kulonprogo terkena bencana alam, di mana masyarakat bisa melihat sendiri Kulonprogo bukan daerah menakutkan, tetapi daerah yang aman.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats