Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 11 November 2017 19:41 WIB

Menanti Bala Bantuan Lorenzo dan Rider Italia

Valencia, HanTer - Marc Marquez masih berada di atas angin untuk memastikan tempat menjuarai adu balap MotoGP tahun ini. Pebalap yang menunggangi tim Repsol Honda itu masih nyaman di puncak klasemen dengan mengumpulkan 282 poin dari 17 seri yang telah dilewati. Ia unggul 11 angka dari Andrea Dovizioso yang terus menguntit dibelakangnya. 
 
Setidaknya, Marquez hanya butuh mencari aman dengan tidak terjatuh pada seri terakhir adu balap MotoGP musim ini yang berlangsung di Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (12/11/2017) esok. Bila ingin mempertahankan gelar, The Baby Alien seminimal mungkin bisa finish di posisi minimal, yakni urutan ke-11 untuk mengamankan posisinya di puncak klasemen. 
 
Dengan kata lain, meskipun Dovizioso berhasil naik podium utama, hal tersebut tak membuat pebalap Ducati Desmosedici bisa menggusur posisi Marquez di puncak sekaligus mencicipi manisnya gelar untuk pertama kali bagi pebalap berkebangsaan Italia itu. Pasalnya, dengan finish di posisi minimal urutan 11, Marquez berhak mendapatkan lima poin.
 
Sehingga poin saat ini 282 yang telah dikumpulkan bertambah menjadi 287. Sementara Dovizioso yang berada di belakang Marquez dengan mendulang 261 angka hanya bisa mendapatkan poin maksimal 286 apabila dia finish di urutan terdepan pada seri terakhir yang berlangsung di Valencia, Spanyol, akhir pekan ini. Bagi Baby Alien, tentu itu merupakan pencapaian yang bisa ia taklukkan. 
 
Sementara bagi Dovizioso, hanya berdoa yang ia bisa agar pesaing terberatnya itu terjatuh pada seri terakhir adu balap MotoGP pekan ini. Potensi Marquez untuk gugur dalam balap memang amat kecil. Akan tetapi, peluang itu tetap ada. Pasalnya pada latihan bebas kedua, Jumat (10/11/2017) kemarin, secara mengejutkan Marquez terjatuh dari tunggangan kuda besinya. 
 
Selain mengharapkan terjatuhnya Marquez di seri terakhir, Dovizioso juga tentu membutuhkan bala bantuan yang begitu banyak. Setidaknya hampir seluru pebalap harus kompromi untuk menjegal laju Marquez sehingga maksimal pebalap tuan rumah finish di urutan 13 dan Dovizioso tetap menduduki podium utama di Valencia. 
 
Sebagai satu warga negara, tentu saja, seluruh pebalap Italia siap membantu misi mustahil Dovizioso. Dalam MotoGP tahun ini, setidaknya ada lima rider Italia dari berbagai tim, diantaranya adalah Valentino Rossi, Danilo Petrucci dan Andrea Iannone. Tak hanya itu, ia pun juga akan disokong dan didukung rekan satu tim meski beda paspor. Ia adalah Jorge Lorenzo. 
 
Lorenzo sendiri siap membantu Dovizioso untuk mewujudkan sebuah misi dan mimpinya yang memang begitu tipis untuk menjadi juara di ajang MotoGP tahun ini. Kendati begitu ia akan tetap berusaha membantu kompatriotnya demi kemenangan bagi konstruktor mereka, Ducati. 
 
"Ya tentu saja. Saya katakan itu dari awal kejuaraan karena para wartawan terus menanyakan hal ini. Saya bilang masih terlalu cepat. Tapi sekarang tidak terlalu cepat. Sangat sulit saya bisa merasakan sesuatu karena situasinya jauh lebih baik bagi Marc (Marquez -red). Namun saya akan membantu sebisa saya untuk Dovizioso," tegas dia. Eka
 
JADWAL BALAP
HARI/TGL: Minggu, 12 November 2017
WAKTU: 20.00 WIB
LIVE: Trans7
TEMPAT: Ricardo Tormo
 
KLASEMEN SEMENTARA MOTOGP 2017 (10 Besar):
POS*PEBALAP*KONSTRUKTOR*NEGARA*POIN
1*Marc Marquez*Honda*Spanyol*282
2*Andrea Dovizioso*Ducati*Italia*261
3*Maverick Vinales*Yamaha*Spanyol*226
4*Valentino Rossi*Yamaha*Italia*197
5*Dani Pedrosa*Honda*Spanyol*185


(Eka)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats