Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 10 November 2017 13:25 WIB

Lima Provinsi Absen di Peparpenas VIII

Solo, HanTer - Lima dari 34 Provinsi absen dalam Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) VIII yang berlangsung di Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/11/2017).
 
Kelima provinsi itu adalah Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Timur. Tentu saja absennya sejumlah wikayah dalam gelaran itu sangat disayangkan.
 
Hal tersebut dikatakan Bayu Rahadian selaku Ketua Pelaksana Peparpenas VIII/2017. Pihaknya pun akan mengkaji tentang absennya kelima provinsi tersebut.
 
"Kita lihat dulu (kenapa tidak mengirimkan -red). Bukan berarti nggak aktif. Tetapi harus kita tekankan bahwa penting untuk berpartisipasi," kata dia, Jumat (10/11/2017).
 
Pria yang juga menjabat sebagai Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora itu pun menegaskan bahwa selayaknya program dan kebijakan pusat mampu diteruskan daerah.
 
Menurutnya, selain sebagai ajang pencarian bibit potensial untuk diterjunkan ke pentas internasional, Peparpenas 2017 juga menjadi sebuah pesan khusus bagi para penyandang disabilitas khususnya tingkat pelajar di sektor olahraga.
 
"Kalau kita kan mengharapkan kebijakan pusat diteruskan oleh daerah. Ini kan konsepnya selain ajang prestasi, juga ada unsur pembudayaan dan message yang besar dibalik itu," ujar Bayu.
 
"Bahwa kesetaraan penyandang disabilitas itu mempunyai hak yang sama dalam keolahragaan. Itu pesannya. Mungkin kita nanti perlu juga klarifikasi," tutupnya.
 
Senada diungkapkan Raden Isnanta selaku Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora. "Tentu sangat disayangkan. Itu bisa berimbas mungkin tempat itu belum ramah disabilitas khususnya di sektor olahraga," jawabnya, kemarin.
 
Diketahui, Peparpenas tahun ini terpusat di Solo, Jawa Tengah dengan mempertandingkan enam cabang olahraga seperti renang, atletik, tenis meja, catur, bukutangkis dan boccie. 
 
Dalam gelaran pelajar paralympic kali ini, sebanyak 621 atlet dari 29 Provinsi akan memperebutkan 471 medali.


(Eka)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats