Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 02 November 2017 22:48 WIB

Kemenpora Apresiasi Kepedulian dan Totalitas BLiSPI Memajukan Sepakbola Usia Muda

Jakarta, HanTer - Deputi Pembudayaan Olahraga, Dr. Raden Isnanta M.Pd mengapresiasi kepedulian dan totalitas Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BLiSPI) dalam memajukan sepak bola usia dini dan usia muda di Indonesia. Hal tersebut dikatakannya saat berbicara dalam rangka melepas tim Blispi Bina Sentra Cirebon FC U12 yang akan berlaga di turnamen sepakbola usia muda bertajuk Internasional Singa Cup 2017 di Singapura, 6-10 November mendatang.
 
"Pengiriman tim ke ajang internasional merupakan salah satu bagian terpenting dari mata rantai pembinaan guna memberikan pengalaman bertanding kepada pemain. Karena itu kami mengapresiasi keperdulian dan totalitas BLiSPI yang intens mengirimkan tim-tim usia dini dan usia muda binaannya ke ajang internasional, seperti yang telah dilakukan sebelumnya ke Malaysia, China, Singapura bahkan ke Barcelona," kata Dr. Raden Isnanta M.Pd di Kantor Kemenpora Jakarta, Kamis (2/11/2017). 
 
"Apalagi kami tahu, Blispi tidak pernah membebani pemain. Seluruh biaya keikutsertaan tim ditanggung sendiri oleh Blispi. Dengan demikian pemain-pemain yang berbakat tetapi kekurangan secara ekonomi, sangat terbantu. Mereka bisa mendapatkan kesempatan merasakan atmosfir sepak bola internasional," tambahnya.
 
Isnanta juga mengatakan jika Blispi juga gencar menerjunkan tim pencari bakat untuk mencari pemain-pemain berbakat di seluruh pelosok Tanah Air yang kemudian menyiapkan Timnas Pelajar. "Dengan bantuan mantan pemain timnas seperti Rully Nere, Firman Utina dan lainnya kami terus memantau anak-anak. Baik yang berada di Cirebon maupun di berbagai daerah lainnya. Kami catat prestasi demi prestasi yang mereka raih," tutur Isnanta.
 
Tak lupa, pria kelahiran Kulon Progo itu berpesan kepada skuat Blispi Bina Sentra Cirebon FC U12 untuk menjaga nama baik Indonesia yang dikenal sebagai bangsa yang ramah dan santun selama berada di Singapura.
 
Sementara itu, Ketua Umum BLiSPI, Subagja Suihan mengemukakan jika kiprah di Singa Cup 2017 merupakan debut internasional tim Blispi Bina Sentra Cirebon FC U12. Dikatakannya, pengiriman tim besutan Nasukha itu merupakan penghargaan atas keberhasilan mereka menjadi juara Liga Sepak Bola Pelajar U11 Piala Menpora 2016. 
 
"Meskipun ini kiprah perdana mereka di Singa Cup namun saya optimis mereka bakal mampu bersaing dan meraih hasil terbaik. Karena para pemain sudah bersama-sama sejak usia 9 tahun di tim ini jadi secara tim mereka sangat kompak. Dan seiring waktu kualitas permainan mereka juga terus meningkat," kata Subagja. 
 
"Tujuan utama kita adalah memberi kesempatan kepada mereka untuk menambah jam terbang. Fokus kita bukan hanya pada sisi teknis sepakbolanya tetapi juga mental bertanding. Sehingga kelak mereka akan terbiasa dengan atmosfir pertandingan sepakbola internasional," tambah pria penerima penghargaan SIWO PWI Pusat Golden Award sebagai pembina sepakbola usia muda terbaik itu.
 
Ditambahkan Subagja, pada 2018 mendatang BLiSPI juga akan mengirimkan tim BLiSPI Asiop Indonesia U10 yang merupakan juara U9 LSP U9 Piala Menpora 2017 dan tim BLiSPI Uni Bandung U12 (juara U11) ke kejuaraan internasional.
 
Disisi lain, pada laga perdana, tim Bina Sentra Cirebon U12 yang tergabung di Grup B akan bertanding melawan tuan rumah Singapura, Bedok Youth, pada 6 November mendatang. 
 
Sebelumnya, dua mantan pemain timnas dari era yang berbeda, Firman Utina dan Rully Nere meminta kepada para pemain Bina Sentra Cirebon FC U12 untuk memanfaatkan betul kesempatan tampil di Singa Cup 2017.
 
"Saat saya seusia kalian, sangatlah sulit buat saya untuk bisa bermain di luar negeri. Saya harus berjuang dulu di kampung baru kemudian bisa main di kota. Kemudian ke tingkat nasional dan luar negeri. Jadi kalian sangat beruntung di usia muda sudah bisa merasakan bermain di luar negeri. Maka dari itu, bermainlah dengan baik. Buat Indonesia bangga dengan prestasi yang kalian raih," pungkas Rully Nere. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats