Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 29 September 2017 11:15 WIB

Kemenpora Harap Cabor Silat Berjaya di Asian Games 2018

Surabaya, HanTer - Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Yuni Poerwanti membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Silat Perisai Diri antar Perguruan Tinggi Piala Presiden RI 2017 yang berlangsung 27 September hingga 2 Oktober 2017 di Universitas PGRI Adibuana Surabaya, Jumat (29/9/2017).
 
Pada kesempatan itu, Yuni menegaskan dukungan pemerintah terhadap pelestarian silat melalui para mahasiswa. Ia menganggap silat kini mempunyai era yang berjaya dan mempunyai kekuatan untuk mempertahankan tradisi Indonesia.
 
“Kedepan saya yakin silat termasuk bela diri yang sangat diminati mahasiswa. Saya dulu jaman kuliah juga merupakan pesilat dari perguruan merpati putih. Saya percaya silat mempunyai potensi khususnya untuk Indonesia berjaya di ajang Asian Games 2018,” kata Yuni.
 
Yuni berharap dengan adanya pelestarian cabor silat yang merupakan olahraga asli Indonesia, bisa dijadikan benteng untuk menyatukan keberagaman NKRI. Cabor silat bagi mahasiswa juga ajang melatih diri membentuk eksitensi mahasiswa yang berkarakter, berilmu serta membela negara untuk menjaga perdamaian dunia. “Tradisi berkompetisi melalui olahraga asli Indonesia ini perlu dipertahankan,” tambah Yuni.
 
Dalam kejuaraan Piala bergilir Presiden ini, mempertandingkan sembilan kategori versi IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) dan dua kategori versi Perisai Diri. Ketua Panitia Kejurnas Silat Perisai Diri ke 26 Muhammad Irfan Tri Setyono mengatakan bahwa beberapa nomor yang dipertandingakan versi IPSI antara lain kelas A (45-50 kg), kelas B (50-55 kg), kelas C (55-60 kg), kelas D (60-65 kg), kelas E (65-70kg) kelas F (70-75 kg) dan kelas bebas untuk pria 75- 90 kg, serta putri (65-90 kg), kelas beregu serta tunggal (seni). 
 
Sementara untuk Perisai Diri beberapa kategori yang di pertandingkan serang hindar dan kerapian teknik.
 
Pertandingan tersebut diikuti oleh 28 perguruan tinggi se Indonesia dengan total 400 atlet. Beberapa universitas yang berpartisipasi antara lain juara tahun lalu Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Airlangga Surabaya dan beberapa universitas negeri lainnya.
 
“Tahun ini jumlah peserta ada peningkatan. Sistem pertandingan babak kualifikasi juga menggunakan sistem gugur,” jelas Irfan.


(Eka Putra)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats