Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 28 Mei 2017 19:29 WIB

Putri Indonesia Bawa Pulang Gelar Juara FIBA 3x3 U18 Asia Cup 2017

Cyberjaya, HanTer - Bermaterikan pemain seperti Lea Kahol, Michelle Kurniawan, Nathania Claresta Orville dan Valencia Pramono, tim basket Indonesia yang berjuang di FIBA 3x3 U18 Asia Cup 2017 di Cyberjaya, Malaysia, sukses membawa pulang gelar juara. Kepastian Lea cs berada dipodium utama itu pasca menghempaskan wakil tian rumah dengan skor 13-6, Minggu (28/5/2017).
 
Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih, mengaku bangga dan gembira atas raihan "Kartini-kartini" modern yang mampu mengharumkan nama bangsa dan negara dipentas Internasional, walau harus berjuang di negeri orang. "Ini adalah awal yang bagus untuk bola basket KU 18 Indonesia. Tahun lalu kita bisa naik level. Sekarang di level 3x3 kita bisa menjadi juara. Sekali lagi selamat untuk kerja keras dan perjuangan penuh semangat mereka," ucap Danny Kosasih.
 
Dalam perjalanannya ke podium utama, Timnas putri Indonesia yang berada di Grup C, hanya mengalami kekalahan sekali di babak penyisihan kala berhadapan dengan Jepang dengan skor 16-20 dan menang tipis 16-15 dari Taiwan. 
 
Akan tetapi kemenangan tipis dari Taiwan itu justru memicu Indonesia untuk tampil lepas dan tanpa beban. Al hasil, di perempat final Sri Lanka digebuk 21-7 oleh Lea cs. Kemudian China dibungkam 19-16 di semifinal, dan terkahir Malaysia di partai final dengan skor 13-6. Bahkan di final, Indonesia harus bermain dengan 3 pemain setelah Michelle terkena cedera engkel.
 
"Anak-anak keluar mental juaranya usai menang dari Taiwan. Motivasi mereka juga luar biasa. Kemenangan lawan Taiwan itu memang berpengaruh signifikan. Mereka bermain nothing to loose dan tanpa beban. Bahkan, di final mereka hanya bermain dengan 3 pemain saja setelah cedera engkel kiri Michelle," tutur sang juru taktik Tri Hartanto.
 
Namun sayang, keberhasilan tim putri tak mampu diikuti oleh tim putra yang harus tersingkir lebih awal di fase grup. Bergabung dalam grup D bersama Cina dan Taiwan, Indonesia menempati peringkat juru kunci di grup akibat dua kekalahan 8-21 dari Taiwan dan 10-21 dari Cina. Cina akhirnya keluar sebagai juara dengan mengalahkan Taiwan 17-12.
 
Tim putra diperkuat oleh Patrick Agung, Ronald Firdaus Pua Dawe, Fajar Kartiko dan Alessandro Michael Yesaya. "Kita tidak beruntung dalam undian. Buktinya, China dan Taiwan bisa bertemu lagi di final," ucap Anthony Gunawan, manajer dan pelatih putra, usai pertandingan. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats