Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 20 April 2017 21:22 WIB

Karena Kemampuannya, Torro Rosso Rekrut Sean Gelael

Jakarta, HanTer - Manajemen tim Formula 1, Toro Rosso memastikan jika perekrutan pebalap Indonesia, Sean Gelael sebagai pebalap penguji murni atas kemampuan yang dimilikinya. Tim yang bermarkas di Italia itu pun telah mengujinya di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Selasa (18/4/2017) lalu.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh bos tim Toro Rosso, Franz Tost di sela launching tim Pertamina Arden yang beranggotakan pebalap Sean Gelael dan Norman Nato di Jakarta, Kamis (0/4/2017). "Proses Sean untuk menjadi pebalap penguji tim Toro Rosso cukup panjang. Pertama, kami menguji dia di simulator. Hasilnya sangat bagus sehingga kami memilih dia sebagai pebalap penguji," kata Franz Tost di depan para media Ibukota.
 
Hasil Sean pada tahap simulator dinilai cukup menggembirakan karena hampir sama dengan pebalap lain yang terlebih dahulu berkecimpung di dunia Formula 1. Hal tersebut yang menjadi daya tarik Toro Rosso kepada pebalap berusia 20 tahun itu.
 
Setelah ditetapkan sebagai pebalap penguji Toro Rosso, anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael itu langsung mendapatkan kepercayaan untuk mencoba mobil Renault STR 12 milik Daniil Kvyat di Sirkuit Sakhir, Bahrain atau usai balapan Formula 2 dan Formula 1 digelar.
 
Sebagai debutan, prestasi Sean sangat diapresiasi oleh Franz Tost, bahkan oleh bos tim F1 Red Bull, Christian Horner, karena langsung mampu beradaptasi dengan baik. Bahkan, selama ujicoba sebanyak 78 lap dihadapkan dengan banyak situasi gimana merasakan terhenti ditengah balapan karena gearboks hingga adu cepat dengan Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel.
 
Dalam ujicoba ini, Sean juga mendapatkan kesempatan mencoba empat jenis ban sekaligus mulai medium, soft, super soft hingga ultra soft. Catatan waktu yang ditorehkanpun terus mengalami peningkatan mulai satu menit 40 detik hingga lebih cepat menjadi satu menit 33 detik.
 
Hasil tes Sean di Bahrain juga dijelaskan dengan detail oleh Franz Tost di Jakarta. Hal tersebut untuk memperkuat alasan kenapa merekrut anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael ini menjadi pebalap penguji Toro Rosso. "Grafik terus menunjukkan peningkatan. Ini menunjukkan jika Sean mempunyai progres yang sangat bagus. Kami sangat mengapresiasi kemampuannya," tambah Tost.
 
Setelah Bahrain, Sean Gelael kembali memiliki kesempatan untuk mencoba kendaraan yang dipakai oleh Carlos Sainz Jr dan Daniil Kvyat di Budapest Hongaria dan di Abu Dhabi.
 
Sean Gelael pun mengaku bangga diberikan kesempatan untuk menjajal kendaraan Formula 1. Apalagi apa yang diraih membutuhkan kerja keras untuk mencapainya. Pihaknya ingin benar-benar membuktikan jika dirinya mampu menjadi yang terbaik. "Ini tidak mudah. Makanya saya terus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik," katanya dihadapan Franz Tost dan para media.
 
Disisi lain terkait Tim Pertamina Arden bersama dengan produk Pertamax dan Fastron akan mendapatkan dukungan penuh dari PT Pertamina (Persero). Head of Marketing Communication PT Pertamina (Persero), Dendi T. Danianto mengungkapkan bahwa pihaknya selalu berkomitmen untuk mendukung pebalap Indonesia di ajang balapan Internasional.
 
"Saat ini kita memiliki Sean Gelael yang berlaga diajang F2. Langkah Sean tengah menuju pencapaian yang optimal, sehingga kami sangat berkomitmen membantu Sean bersama timnya, Pertamina Arden. Semoga tim ini mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia sekaligus membawa nama produk Pertamina lebih membanggakan," ucap Dendi. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats