Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 16 Maret 2017 07:20 WIB

Demam Kang Essien dari Dayeuhkolot sampai London

Jakarta, HanTer - Demam Michael Kojo Essien, sang legenda klub Kota London Chelsea, benar-benar melanda sejak Rabu (15/3) bersamaan pernyataan resmi klub Persib Bandung yang berhasil meminangnya. Hampir semua media cetak dan online di Tanah Air memberitakannya.

Demikian pula, media luar negeri tidak luput memberitakan. Belum lagi lini masa dari Twitter sampai Facebook terus-menerus mengabarkannya. Benar-benar ingar-bingar berkat kedatangan seorang Kang Essien.

Dari Dayeuhkolot-Cileunyi-Padalarang,  Jawa Barat sekitarnya tembus sampai ke Stamford Bridge Stadium yang merupakan basecamp Chelsea di London tidak luput memperbincangkannya. Demikian pula, dengan media di Cina. Gaung Essien tembus.

Simak saja di Facebook, grup pendukung klub yang dikenal dengan julukan "Maung Bandung" itu sampai-sampai membuat meme "Chelsea, AC Milan & Real Madrid sebenarnya hanya batu loncatan saya untuk ke Persib. Persib adalah tim impian saya sejak kecil".

"Ngomong Punten Ge+Moal Dibere Lewat"--bahasa Sunda--(bicara izin lewat juga tidak akan diberikan) dengan memajang foto Essien dan Hariono, maksudnya kedua pemain itu akan berduet sebagai gelandang bertahan pemotong serangan dari lawan.

Sementara itu, laman dailymail.co.uk, menurunkan berita dengan judul "Michael Essien joins Indonesian side Persib Bandung as former Chelsea and Real Madrid star seeks new challenge". Demikian pula, dengan espnfc.com membuat judul "Ex-Chelsea star Michael Essien signs for Indonesian club Persib Bandung".

Essien gabung dengan Persib pun menjadi perhatian media di Cina. Harian Global Times melaporkan bahwa pesepak bola berkebangsaan Ghana itu telah menandatangani kontrak dengan salah satu klub sepak bola terbaik di Indonesia.

Namun, media itu melaporkan bahwa Essien menandatangani kontrak dengan nilai yang dirahasiakan.

Media berbahasa Inggris yang berkantor pusat di Beijing tersebut juga menyebutkan Essien tidak bergabung dengan tim mana pun sejak meninggalkan klub terakhirnya, Panathinaikos, Yunani di akhir musim lalu.

Pemain berusia 34 tahun itu diketahui sebagai salah satu pemain terbaik dunia yang bergabung dengan klub di Indonesia sejak 1990-an ketika bintang Piala Dunia dari Kamerun Rogel Milla dan Mario Kempes dari Argentina merumput bersama salah satu klub di Indonesia.

Berita mengenai bergabungnya Essien ke Persib tersebut, berada di samping foto utama lanjutan kompetisi Liga Champions Asia yang mempertemukan tuan rumah Evergrande Guangzhou dengan wakil Jepang, Kawasaki Frontale.

Gairah Persepakbolaan

Gairah persepakbolaan Indonesia secara tidak langsung terdongkrak. Memang secara usia eks pemain AC Milan dan Real Madrid itu terbilang sudah tua di atas usia 30 tahun. Namun, sosoknya tetap mengundang perhatian publik. Membuat Persib Bandung masuk kesebelasan yang benar-benar sudah mengerti industri sepak bola.

Dengan besaran angka Rp11,3 miliar, benar-benar fantastis, manajemen Persib Bandung sudah memperhitungkan secara matang.

Perseroan Terbatas Bandung Bermartabat berharap kedatangan mantan bintang pemain Chelsea Michael Essien Ke Persib Bandung dapat meningkatkan kualitas tim maupun persepakbolaan Indonesia.

"Kalau Persib meningkat, otomatis kualitas Liga Indonesia akan meningkat," ujar Tedy Cahyono, salah satu petinggi PT PBB dikutip Antara.

Dampak kedatangan Essien bagi Persib Bandung sangat banyak, seperti akan membanjirnya perusahaan yang ingin menjadi sponsor, meningkatkan jumlah penonton setiap pertandingan Persib Bandung, serta secara tidak langsung meningkatkan rating televisi.

Jangan jauh-jauh saat ini permintaan Jersey Essien pun yang bernomor punggung 5 yang dijual oleh merchandise resmi Persib Bandung meningkat 60 persen, padahal baru 1 hari Essien bergabung dengan klub kebanggan "Urang Sunda" itu.

"Sekarang permintaan (jersey Essien) tinggi. Kami sedang produksi lagi," kata Penanggung Jawab Merchandise Persib Bandung M. Irvan.

Irvan menuturkan bahwa penjualan jersey kali ini mengalami peningkatan yang signifikan. Terhitung per 15 Maret 2017 penjualan jersey yang disiapkan di gerai hanya 60 potong dan seluruhnya telah terjual. Padahal, sebelum Essien berkostum Persib, setiap harinya tidak kurang dari 10 potong saja yang terjual di gerai.

"Semuanya sudah terjual. Untuk pemesanan lewat online sudah ratusan orang" ujarnya.

Tiga Varian Harga

Irvan menyebutkan ada tiga varian harga untuk setiap pembelian jersey original di Graha Persib. Bagi konsumen yang belum memiliki kartu anggota Persib harus merogoh kocek Rp250 ribu dan mendapatkan satu jersey Essien, kartu anggota Persib, asuransi, dan kartu perdana telepon seluler.

Untuk konsumen yang sudah memiliki kartu anggota Persib cukup menyiapkan Rp225 ribu, sedangkan nonanggota harus menyiapkan uang Rp299 ribu guna mendapatkan satu jersey tersebut.

"Mayoritas pembeli yang datang ke sini member baru," katanya.

Demikian pula, dengan para pedagang pernak-pernik Persib Bandung di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, mereka sudah bersiap-siap membuat desain kaus bernomor punggung 5 itu.

"Ya, sekarang baru mau membuat. Masih mendesain karena kami kan tahunya Essien gabung Persib baru kemarin," kata Agus Rachmat salah seorang pengusaha kaus Persib, seperti dikutip laman www.galapersib.com.

Menpora Imam Nahrawi pun mengapresiasi langkah manajemen Persib Bandung dengan mendatangkan pemain sekelas Michael Essien guna memperkuat tim asal Jawa Barat itu turun di kompetisi Liga 1.

"Seperti yang pernah saya sampaikan. Kita harus mendatangkan pelatih atau pemain kelas dunia yang menarik buat publik sekaligus menginspirasi pemain Indonesia lebih berprestasi," katanya.

Apa yang dilakukan tim yang berjuluk Maung Bandung ini diharapkan menjadi inspirasi klub-klub lain yang ada di Indonesia meski saat ini ia belum melihat secara langsung kemampuan terbaru dari mantan pemain Chelsea dan AC Milan itu.

"Ini sebagai bagian dari sportainment. Saya kira terobosan Persib perlu ditiru oleh klub-klub lain," kata pria yang akrab dipanggil Cak Imam itu.

Michael Essien akan mulai bergabung latihan dengan Persib Bandung pada tanggal 27 Maret 2017 karena dirinya harus kembali ke London mengurus dokumen.

Publik pun menanti kehadiran mantan pemain klub asal Kota London, Chelsea. "Welcome to Bandung Kang Essien", semoga betah tinggal di Paris van Java.
 


(Anu/Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats