Di Publish Pada Tanggal : Senin, 09 Januari 2017 18:34 WIB

Pemerintah Minta Peningkatan Performa Bagi Atlet yang Tampil di SEA Games 2017 Malaysia

Jakarta, HanTer - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyebut jika ajang SEA Games 2017 lebih pada target peningkatan kemampuan para atlet dengan alasan gelaran pesta olahraga negara-negara di kawasan Asia Tenggara tersebut tak masuk dalam kalender Komite Olimpiade Internasional (IOC), sehingga bisa dinilai ajang ini sebagai ajang pemanasan.
 
IOC memang cuma mengenal satu ajang gelaran multi cabang di masing-masing lima benua sebagai kompetisi resmi. Di Benua Asia sendiri, IOC hanya menjadikan Asian Games sebagai gelaran resmi selain Olimpiade.
 
Terkait hal tersebut, kontingen Indonesia yang dikirim ke ajang SEA Games 2017 dituntut untuk lebih pada tujuan peningkatan performa dibanding target prestasi dalam gelaran olahraga antarnegara Asia Tenggara itu.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto, disela-sela rapat bersama Menpora Imam Nahrawi dengan berbagai pemangku kepentingan olahraga, seperti KONI, KOI maupun Satlak Prima di kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (9/1/2017).
 
"Target ada, tapi kami tidak bisa membeberkannya dan bisa disebut tidak begitu dituntut target prestasi, namun ditekankan untuk peningkatan performa untuk ajang yang lebih besar ke depannya," kata Gatot S Dewa Broto.
 
Meski demikian, Gatot menuturkan jika target tersebut tetap dibutuhkan untuk membangun motivasi, sehingga asumsi untuk mengirimkan atlet berpotensi mendapat medali ke SEA Games tetap ada selain atlet yang diproyeksikan memanfaatkan SEA Games demi menuju Asian Games dan Olimpiade.
 
Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) Achmad Soetjipto. Pria mantan KSAL itu juga mengatakan ajang SEA Games sebagai batu loncatan menuju Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Indonesia, tepatnya Jakarta-Palembang.
 
"Sehingga tadi dibicarakan di rapat, kebijakannya semua cabang yang akan turun di Asian Games dia ikut SEA Games, yang lainnya cabang opsional, tentu dengan peluang medali, karena tujuannya adalah membangun kemampuan yang tinggi bagi atlet," ujar Achmad Soetjipto.
 
Akan tetapi, ketika ditanya mengenai berapa cabang olahraga yang akan dikirim ke ajang SEA Games, pria yang akrab disapa pa Cip itu masih enggan untuk membeberkannya. "Kami belum bisa bilang karena penentuan hal itu ada di KOI, sedangkan Prima adalah pengasah untuk para atlet layak menjadi kontingen," terangnya.
 
"Intinya, pada SEA Games kali ini, kami menginginkan pengalokasian dana yang sangat terbatas ini dilakukan dengan sebaik-baiknya," tambah pa Cip. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats