Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 28 Oktober 2016 15:13 WIB

Gita-Wiranto Bertarung untuk Posisi Ketum PBSI

Jakarta, HanTer - Hanya Gita Wirjawan dan Wiranto dipastikan bertarung memperebutkan posisi ketua umum Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) setelah pendaftaran calon sudah resmi ditutup Kamis (27/10/2016).
 
Ketua Tim Penjaringan Fuad Basya dalam keterangan tertulis yang diterima media di Jakarta, Jumat (28/10/2016), mengatakan setelah pendaftaran ditutup tahapan selanjutnya adalah proses verifikasi. Sesuai dengan jadwal proses verifikasi ini dilakukan hingga Minggu (30/10/2016).
 
Gita Wirjawan yang merupakan calon petahana kembali maju setelah mendapatkan dukungan dari 18 pengprov, dimana perdaftaran sendiri dilakukan pada 17 Oktober lalu. Sembilan hari berikutnya giliran Wiranto yang mengajukan diri dengan mengklaim mendapatkan 18 dukungan plus satu dukungan pada keesokan harinya.
 
Fuad mengatakan, proses verifikasi yang dilakukan menyangkut beberapa hal termasuk dukungan. Sesuai dengan aturan yang ada, dukungan harus menyertakan tanda tangan ketua dan sekretaris masing-masing pengprov PBSI. Selain itu verikasi juga dilakukan untuk administrasi lainnya.
 
"Saat mendaftar masing-masing calon mendapatkan dukungan yang sama yaitu 18. Padahal jumlah pengurus provinsi (pengprov) ada 34. Berarti ada yang dobel. Jika ada yang kurang kemudian akan kami tanyakan apakah ini bisa diperbaiki. Istilahnya administrasinya harus disempurnakan lagi," kata Fuad Basya.
 
Selain verifikasi persyaratan, apa yang dilakukan oleh Tim Penjaringan adalah menentukan jumlah suara yang valid maupun tidak valid. Selanjutnya hasil verifikasi ini akan dibawa ke Munas yang sedianya digelar di Surabaya, 30 Oktober - 1 November mendatang.
 
Meski demikian, Fuad mengaku bahwa tim penjaringan tak berhak menentukan siapa yang lolos dan siapa yang tidak lolos, namun pihaknya hanya melihat administrasinya. Untuk keputusan nanti akan diambil saat sidang," kata Fuad menegaskan.
 
Sementara itu juru bicara tim sukses Wiranto, Fadli Aulia mengaku pria yang juga Menkopolhukam ini mendapatkan tambahan dukungan dari pengprov Kalimantan Utara yang sebelumnya mendukung calon petahana, Gita Wirjawan.
 
"Perwakilan Kaltara telah mendatangi Tim Penjaringan untuk memberikan surat dukungan ke Pak Wiranto yang ditandatangani ketua dan sekretaris umum. Selain itu juga membawa surat pencabutan dukungan pada Pak Gita," katanya.
 
Dengan klaim dukungan ini, Wiranto mendapatkan dukungan 19 suara. Hanya saja, suara dukungan ini belum diverifikasi oleh Tim Penjaringan. Namun, tim sukses mengaku optimistis dukungan akan terus bertambah dan bisa terpilih secara aklamasi.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats