Di Publish Pada Tanggal : Senin, 04 Juli 2016 23:57 WIB

Tempat Wisata Gratis di Yogyakarta, ke Hutan Pinus Mangunan Aja

Bantul, HanTer - Anda memutuskan mudik Lebaran 2016 sekaligus liburan ke Yogyakarta serta ingin mencari lokasi wisata yang gratis dengan udara yang segar? Jawabannya ada pada Hutan Pinus Mangunan, yang terletak di ketinggian Desa Dlingo, Mangunan, Bantul.
 
Ya, lokasi ini memang gratis bagi para pengunjung untuk menikmati indahnya hutan pinus yang tertata rapih tegak menjulang tinggi yang merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan, namun wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 3.000 untuk motor atau Rp 10.000 untuk mobil.
 
Jika anda datang dipagi hari, maka anda akan disajikan oleh sinar mentari pagi menyelinap masuk dari celah-celah pucuk pinus, membiaskan garis-garis keemasan yang indah. Lantas cahayanya terpantul pada embun yang masih tersisa di dedaunan, menciptakan kabut tipis yang indah dengan udara yang segar. 
 
Ribuan pohon pinus itu berdiri tegak menjulang kelangit di kawasan seluas 500 Ha itu, layaknya prajurit yang sedang berbaris teratur seperti melakukan upacara. Ketika angin berhembus, telinga akan dimanjakan dengan harmoni alam yang berasal dari gemericik dedaunan. Aroma khas hutan pinus pun menguar dengan tajam. Tak heran jika banyak pengunjung yang jatuh cinta dengan kawasan ini dan berkunjung untuk menikmati suasananya yang khas.
 
Hal itupun dirasakan oleh salahsatu pengunjung asal Jakarta, Dodi bersama keluarganya, ketika menikmati berwisata ke Hutan Pinus Mangunan dalam rangka mudik Lebaran Idul Fitri 1437 H.
 
"Ini pengalaman saya yang pertama menyambangi obyek wisata Hutan Pinus Mangunan. Keindahan alam yang masih asri dengan kebersihan hutan yang terjaga, serta ketenangan, saya dapatkan ditempat ini, bahkan dengan menjulang tinggi pohon-pohon Pinus disini seraya mewakilkan Keagungan Tuhan Yang Maha Tinggi," tutur Dodi karyawan yang bekerja diperusahaan Farmasi di Jakarta.
 
Hutan Pinus Mangunan tidak hanya menjanjikan ketenangan bagi jiwa. Tempat ini juga menawarkan view yang cantik untuk diabadikan dalam jepretan kamera apapun, tak heran jika akhirnya Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu spot foto favorit berselfie bahkan untuk pre-wedding.
 
Meski demikian, pemerintah setempat belum menyediakan transportasi publik yang melayani rute hingga lokasi hutan pinus ini, untuk itu wisatawan harus membawa kendaraan pribadinya.
 
Sementara itu akses yang harus dilalui guna sampai kelokasi ini, wistawan bisa mengambil jalan dari Yogyakarta bisa mengambil rute Terminal Yogyakarta – Jalan Imogoro Timur – Pertigaan Imogiri belok ke arah Makam Raja-raja Imogiri – Mangunan dan sampailah ke hutan Pinus Mangunan yang didahului dengan jalan yang berkelok-kelok.
 
Pasca menikmati keindahan Hutan Pinus Mangunan, diperjalanan pulang anda juga bisa mampir ke kuliner khas Imogiri atau Bantul yaitu Sate Klathak Imogiri. Kuliner yang satu ini patut dicoba dan jangan sampai terlewatkan.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats