Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 28 Januari 2016 22:06 WIB

Asian Para Games 2018 Pertandingkan 15 Cabor

Jakarta, HanTer - Selain menggelar Asian Games pada tahun 2018 mendatang, Indonesia selaku tuan rumah pun akan didaulat sebagai host dari pergelaran Asian Para Games (APG) 2018 dengan mempertandingkan 15 cabang olahraga.
 
Adapun untuk 15 cabang olahraga yang sudah disetujui bakal dipertandingkan antara lain adalah atletik, renang, angkat berat, tenis meja, tenis kursi roda, bulutangkis, bowling, boccia, panahan, football 7a-side, goalball, bola voli duduk, basket kursi roda, menembak dan judo, meski ada pertimbangan penambahan tiga cabor lagi yang bisa dilombakan seperti catur, bowling lapangan dan anggar kursi roda.
 
“Indonesia siap menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018. Jumlah cabor yang dipertandingkan penting untuk dipastikan karena hal tersebut menyangkut persiapan venue dan sarana pendukung lainnya juga jumlah atlet-atlet nasional yang dipelatnaskan,” tutur Menpora Imam Nahrawi ketika melakukan rapat koordinasi bersama Asian Paralympic Comitee (APC) di Ryadh, yang langsung dipimpin oleh Presiden APC, Majid Rashed, Kamis (28/1/2016).
 
Selain membahas jumlah cabor yang akan dipertandingkan, pertemuan dengan APC tersebut juga membahas soal wewenang tuan rumah dan right fee atau biaya kompensasi tuan rumah ke APC. Poin pembahasan yang disebutkan terakhir menjadi penting karena pihak Indonesia merasa perlu menegosiasi jumlah yang di patok yakni sebesar USD 2,5 juta (Rp 34 miliar).
 
Hal tersebut dilakukan karena sebelumnya Menpora sempat mempertanyakan rasionalisasi biaya kompensasi tuan rumah yang dinilainya terlalu besar.  "Itu (biaya konpensasi tuan rumah-Red) rasionalisasinya untuk apa, karena belum tandatangan kontrak mungkin masih bisa dinego," tegas Menpora beberapa waktu lalu.
 
Sementara itu, Menpora bangga Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018 yang merupakan paket dari Asian Games 2018. Ajang ini bisa dijadikan semangat serta motivasi baru khususnya bagi penyandang disablitas di Tanah Air agar tetap percaya diri meraih prestasi. Indonesia juga sudah siap menggelarnya dengan telah diterbitkannya Keppres Panitia Nasional Asian Para Games 2018. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats