Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 21 Oktober 2017 18:43 WIB
Gala Desa

Atlet Gala Desa Cabor Voli Bermimpi jadi Pemain Proliga

Sintang, HanTer - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berharap Kabupaten Sintang bisa melahirkan atlet-atlet nasional melalui ajang Gala Desa 2017 yang pelaksanaannya dimulai pada  Sabtu (21/10/2017).
 
Kepala Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Kesehatan Olahraga Nasional (PP ITKON) Edi Nurinda Susila ketika membuka Gala Desa di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, berharap lahirnya atlet-atlet yang mengharumkan nama Sintang pada khususnya dan Indonesia sehingga kelak dapat mengharumkan nama bangsa di berbagai kejuaraan internasional melalui perhelatan Gala Desa ini.
 
Penyelenggaraan Gala Desa di Sintang, Edi melanjutkan, juga menjadi kesempatan bagus bagi pemerintah daerah setempat untuk mempersiapkan diri jelang menggelar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Barat 2018. 
 
"Pada tahun 2018, Indonesia pun akan menggelar Asian Games. Ini tentu menjadi momentum kebangkitan olahraga nasional," terang Edi.
 
Adapun Gala Desa 2017 di Kabupaten Sintang akan mempertandingan enam cabang olahraga yaitu sepak bola, sepak takraw, bola voli, bulu tangkis, tenis meja, dan atletik.
 
Dari total 391 desa yang ada di kabupaten itu, ada setidak-tidaknya 41 desa yang akan berpartisipasi di Gala Desa, termasuk para pelajar.
 
Pembukaan Gala Desa di Kabupaten Sintang sendiri berjalan dengan meriah. Berlangsung di Lapangan Kantor Kecamatan Kelam Permai, Desa Kebong, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Acara ini menampilkan berbagai pertunjukan yang dilakoni oleh masyarakat setempat. 
 
Rombongan Kemenpora dan para pejabat daerah awalnya disambut dengan tarian tradisional oleh para pelajar Kabupaten Sintang. Setelah itu, tampil pula marching band dari SMK Muhammadiyah Sintang. 
 
Usai mengawal barisan defile para atlet yang akan bertanding, marching band itu menunjukkan beberapa atraksi di hadapan masyarakat yang menyaksikannya.
 
Tidak ketinggalan, para ibu di Kabupaten Sintang turut menunjukkan kebolehan dengan melakukan senam Maumere. 
 
Acara kemudian ditutup dengan penekanan sirene oleh perwakilan Kemenpora bersama pejabat pemerintah daerah setempat sebagai tanda dimulainya Gala Desa 2017 di Kabupaten Sintang dan akan ditutup pada tanggal 12 November 2017.
 
Sementara itu, atlet bola voli ajang Gala Desa 2017 di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, bermimpi bisa menjadi atlet profesional dan tampil di kompetisi bola voli Indonesia, Proliga.
 "Saya adalah penggemar Jakarta Elektric PLN karena itu saya berharap bisa tampil di Proliga," ujar salah satu atlet voli Gala Desa Sintang, Risky Firmansyah, di Sintang.
 
Jakarta Elektric PLN sendiri merupakan salah satu tim Proliga yang berlaga di putra dan putri. Tim putra Jakarta Elektrik merupakan juara Proliga 2015 sementara tim putrinya meraih juara Proliga pada tahun 2004, 2009, 2011, 2015, 2016 dan 2017.        
 
Risky, pelajar kelas X sekolah menengah kejuruan, mengaku sudah bermain bola voli sejak kelas 5 sekolah dasar. Berlatih setiap hari usai kembali dari sekolah, pebola voli remaja berposisi "spiker" itu pun menjadi salah satu wakil Kabupaten Sintang untuk Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tahun 2018.
 
Di Gala Desa, Risky yang membela tim putra Desa Nanga Jetak, Kecamatan Dedai, Sintang, menargetkan diri menjadi juara. "Kami sangat antusias bermain di sini dan berharap bisa menjadi juara," tutur dia.
 
Pebola voli Sintang lainnya, Petrus Aldianto juga menyimpan asa menjadi pebola voli profesional di Proliga. Demi mimpinya itu, Petrus yang masih duduk di kelas XI sekolah menengah kejuruan itu giat berlatih selepas belajar di sekolah.
 
Meski baru tampil di kejuaraan-kejuaraan bola voli antar-kampung, cita-cita bermain di Proliga dipupuknya baik-baik. "Karena itulah saya mau juara di Gala Desa. Harapan saya, di masa depan saya juga bisa masuk tim nasional bola voli Indonesia," kata Petrus.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats