Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 25 Juni 2016 15:08 WIB
BABAK 16 BESAR PIALA EROPA

Kroasia dan Portugal Saling Kejar Ambisi

Lens, HanTer – Dua tim kuat, yakni Kroasia dan Portugal akan baku hantam untuk memperebutkan tiket ke delapan besar Piala Eropa 2016 dengan sama-sama mengincar kemenangan saat berlaga di babak 16 besar yang berlangsung di Stade Bollaerts, Lens, Minggu (26/6/2016) dini hari WIB.
 
Bertindak sebagai juara di Grup D babak penyisihan Piala Eropa tahun ini tidak akan disiakan oleh Kroasia saat kembali meladeni pertarungan sebenarnya di babak gugur. Pasalnya mereka akan menghadapi ujian khusus dengan menghadapi Portugal. Namun, jelang laga nanti, tim asuhan Ante Cacic cukup optimis mampu meraih hasil positif setelah sukses menaklukkan Spanyol di pekan terakhir.
 
Meski terbilang sulit, Cacic yakin anak asuhnya mampu melewati tantangan yang akan diberikan Portugal. Kepercayaan diri ditambah kualitas di setiap lini menjadi kunci bagi Kroasia untuk menumbangkan calon lawannya itu. Kemenangan diincar tim asal Balkan untuk meraih kembali torehan baik mereka ketika bertempur dalam sebuah turnamen yang berlangsung di Perancis.
 
Pada 1998 lalu Kroasia berhasil tampil mengejutkan setelah menjadi tim terbaik ketiga di pentas Piala Dunia Perancis. Dengan diperkuat Davor Suker serta Zvonimir Boban di era tersebut, mereka mulai menjelma menjadi salah satu lawan yang patut diperhitungkan. Akan tetapi, setelah ditinggal para pemain yang sukses mencatat tinta emas tersebut, penampilan Kroasia cenderung melorot drastis.
 
Untuk itu, Cacic bertekad mengembalikan kejayaan tersebut di tempat yang sama seperti dilakukan para legendanya. Pelatih yang meneruskan tongkat estafet dari Niko Kovac itu pun tengah menyiapkan ramuan khusus guna menjegal Selecao das Quinas, julukan timnas Portugal. Namun, Cacic tetap meminta kepada para pemainnya untuk tetap tampil waspada.
 
"Pada fase ini tidak ada lawan yang mudah bagi setiap tim dan kita mungkin menjadi tim yang mendapatkan lawan yang sulit. Tapi kami cukup percaya diri untuk melewati tantangan ini karena sebelumnya  kami telah banyak melewati pertarungan berat di fase grup. Itu yang menjadi alasan kenapa kami begitu percaya diri,” kata Cacic.
 
Kewaspadaan diusung karena calon lawan yang akan dihadapinya dipastikan mempunyai motivasi khusus untuk memecah telur mereka dengan mengincar kemenangan pertama di Piala Eropa 2016.Pasalnya, kelolosan Portugal tak lepas karena diselimuti faktor keberuntungan. Dalam tiga laga yang telah dilewati, tim asuhan Fernando Santos berbekal lolos dengan mendulang tiga poin dari hasil imbang yang diperoleh di semua pertandingan.
 
Di lain sisi, Portugal masih cukup yakin dengan peluang lolos ke babak berikutnya. Hal tersebut disampaikan sang pelatih, Fernando Santos. Juru taktik berpaspor Portugal itu pun juga tengah mempersiapkan skema khusus untuk menaklukkan Kroasia. Santos juga berharap, dalam laga nanti Cristiano Ronaldo mampu untuk kembali menunjukkan kesinarannya.
 
"Tiga pertandingan lalu menjadi evaluasi khusus bagi kami. Jika kami ingin terus melangkah lebih jauh, kami mulai berpikir bagaimana caranya untuk menang. Dan saya berharap kegarangan Cristiano Ronaldo sangat diharapkan oleh kita semua. Namun kami tidak membebankan kepadanya. Kami harus berjuang bersama-sama untuk mengalahkan mereka (Kroasia –Red),” pungkas Santos. 


(Eka)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats