Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 06 Mei 2015 00:15 WIB

FIFA Pastikan Kirim Surat Soal Kisruh Sepak Bola Indonesia

Zurich, Hanter-Juru bicara FIFA pastikan otoritas tertinggi sepak bola di dunia itu memberi tenggat waktu 29 Mei 2015 agar Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menarik kembali keputusan mereka.

Melalui surat elektronik, juru bicara FIFA mengatakan, bahwa FIFA tak memiliki opsi lain kecuali merujuk masalah ini pada badan yang berwenang untuk memberikan hukuman.

"Mengenai prosedur pemberian hukuman kepada anggota, kami merujuk kepada Statuta FIFA pasal 14," kata juru bicara tersebut.

Pada pasal 14 tersebut, Statuta menyatakan bahwa Kongres akan bertanggung jawab dalam memberikan hukuman untuk federasi anggota FIFA.

Namun, Komite Eksekutif FIFA juga bisa memutuskan hukuman secepat-cepatnya bagi anggota yang melakukan pelanggaran serius pada Statuta FIFA.

Pada Senin (4/5/2015) FIFA mengirimkan surat kepada plt Sekertaris Jenderal PSSI, Azwan Karim, mengenai kelanjutan sanksi pembekuan yang diberikan Kemenpora kepada PSSI.

FIFA menganggap yang dilakukan pihak Kemenpora melanggar Statuta FIFA pasal 13 dan 17, yang mengharuskan anggota asosiasi menjalankan kegiatan secara independen tanpa campur tangan pihak ketiga.

"Jika tindakan Menpora mengambil alih tugas dan fungsi PSSI tak dihentikan hingga 29 Mei 2015, maka kami tak punya pilihan lain kecuali membawa masalah ini ke komisi FIFA, agar dikenakan sanksi sesegera mungkin," tulis FIFA.

PSSI juga diminta FIFA untuk menyebarkan isi surat korespondensi tersebut kepada pihak Kemenpora. Tanggal 29 Mei bertepatan dengan Kongres ke-65 FIFA yang akan berlangsung di Zurich, Swiss.

"Kami merekomendasi Anda untuk menyebarkan surat korespondensi ini kepada Menpora terkait daruratnya situasi dan mendorong mereka untuk mencari solusi sebelum 29 Mei 2015," tulis FIFA.

Menindaklanjuti hal itu, La Nyalla datang ke Kemenpora untuk menyampaikan pesan dari FIFA, Selasa sore (5/5/2015). Namun ia gagal bertemu dengan Menpora Imam Nahrawi.


(Artha Tidar)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats