Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 07 Juni 2015 18:43 WIB

Biaya Pengamanan Pilkada Serentak Sangat Mahal

Jakarta, HanTer - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat (FPD), I Putu Sudiartana menyatakan pihaknya belum mengetahui kapan di adakan rapat gabungan bersama Komisi II DPR untuk memanggil Kapolri dan kementerian terkait untuk membahas masalah anggaran pengamanan Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang. Sebab, Komisi III DPR baru akan mengadakan pleno hari ini untuk mengagendakan tersebut.

Namun, dia memastikan rapat gabungan tersebut sangat diperlukan karena Pilkada serentak sangat rawan konflik horizontal yang bila mana di awasi dan di ikuti dengann transparan pasti aman. "Disatu sisi, karena wilayah kita kepulauan untuk pengamanan sangat mahal dan biayanya tinggi sekali. Dari mana pembiayaannya bagi daerah kepulauan seperti Maluku, NTT, Papua Barat dan banyak daerah lain yang harus di perhitungkan biaya pengamanannya," kata I Putu Sudiartana saat dihubungi, Minggu (7/6/2015).

Menurutnya, apabila pengamanan Pilkada serentak sesuai rencana maka masyarakat sadar bahwa pesta  demokrasi tingkat lokal ini dijadikan ajang seremonial yang di agungkan untuk besarnya NKRI dan perlu dijaga keamanannya bukan saja oleh penegak hukum tetapi elemen masyarakat juga ikut mengamankan dan meneggakkan hukum sebagai panglima.

"Saya yakin Pilkada langsung aman. Dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas yang di kehendaki rakyat," ujarnya.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Irmawan menambahkan, pelaksanaan Pilkada serentak dapat dilaksanakan dengan baik sangat tergantung dengan tingkat netralitas para aparat keamanan di dalam mengamankan proses Pilkada di masing-masing daerah. Maka itu, perlu dukungan dana yang maksimal untuk kepolisian agar pihak kepolisian juga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dilapangan.

"Tentu saja pembahasan anggaran  keamanan pilkada yang akan di bahas secara bersama antara komisi II dengan komisi III saya pikir itu sudah tepat sehingga pengalokasian anggaran nanti akan lebih transparan  dan sebagainya," kata Irmawan.

Irmawan juga mengaku, fraksinya akan memfokuskan dalam rapat gabungan tersebut soal setiap tahapan pilkada yang perlu adanya keterlibatan polisi sebagai tim keamanan yang tentunya setiap keterlibatan pihak kepolisian perlunya ada pembahasan secara bersama besaran biaya yang hrs dikeluarkan. "Sehingga nantinya di dalam pengalokasian anggaran bisa lebih efektif dan efesien," katanya.


(Robbi)




Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats